PELAKSANAAN PERJANJIAN ANTARA BANK PENERBIT KARTU KREDIT (ISSUER) DENGAN PEMEGANG KARTU (CARD HOLDER) DALAM PENGGUNAAN KARTU KREDIT (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Cabang Padang)

Authors

  • Rinrani Patrisia

https://doi.org/10.33476/ajl.v9i1.666

Keywords:

kartu kredit, kelalaian, Bank BRI

Abstract

Kartu kredit merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat modern untuk
menggunakannya sebagai alat pembayaran tunai. Dalam pelaksanaan pada PT.
Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terdapat kendala-kendala yang dihadapi
oleh pihak BRI yaitu ketika pemegang kartu lalai dalam penggunaan kartu kredit
dan tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik, maka penyelesaiannya
pemegang kartu wajib memberikan penggantian biaya, rugi dan bunga yang telah
ditentukan oleh pihak BRI cabang Padang. Sedangkan kendala-kendala yang
dialami oleh pemegang kartu yaitu penambahan biaya dan proses-proses yang
lama dalam hal yang menyangkut dengan kartu kredit. Berdasarkan hal diatas
dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perjanjian penggunaan kartu kredit pada
PT. BRI Tbk, cabang Padang telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan
yang berlaku, akan tetapi dalam hak dan kewajiban para pihak masih belum
seimbang.

Downloads

Published

2018-11-07

Issue

Section

Articles