Efektivitas Gratitude Training Untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Pada Remaja di Panti Asuhan

Irma Rosalinda Lubis, Linda J. Agustini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah pelatihan bersyukur dapat meningkatkan subjective well-being pada remaja di panti asuhan. Penelitian diadakan dari Februari hingga Juli 2017 yang diadakan di Panti Asuhan Ar-Riyadhul Jannah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek berjumlah 7 peserta yang ditentukan dengan cara Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara serta instrumen Kesejahteraan Subyektif yang terdiri dari SWLS dan SPANE. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data, nilai diperoleh dari z SWLS = -2,375; z SPANE = -2.214; p SWLS = 0,018 <0,05; p SPANE = 0,027; p <0,05 (signifikan), yang artinya bahwa pelatihan rasa syukur efektif untuk meningkatkan kesejahteraan subjektif pada remaja di panti asuhan. Hasil ini dapat ditindak lanjuti oleh pihak panti asuhan Ar-Riyaadhul Jannah maupun lembaga-lembaga lainnya di masyarakat yang melibatkan remaja untuk dapat melakukan program pelatihan bersyukur yang dapat meningkatkan subjective well-being.


Keywords


gratitude training, subjective well-being, adolescent, orphanage, psychology positive

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24854/jps.v6i2.703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics View My Stats

 alt=
Fakultas Psikologi
Universitas Yarsi
Jln. Letjend Soeprapto, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10510
Telp/fax : 021-4223138 

Creative Commons License
Jurnal Psikogenesis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License