Nilai Kerja (Work Values) dan Adaptabilitas Karier Peserta Didik Kelas IX di Depok, Jawa Barat

Linda Primana, Amanda Kristanti Permadi

Abstract


Berdasarkan Kurikulum 2013, peserta didik SMA diberikan kesempatan untuk memilih peminatannya di kelas X. Dengan demikian sebelum peserta didik lulus SMP, mereka diharapkan sudah memiliki wawasan tentang nilai-nilai dari suatu pekerjaan (work values) sebagai dasar pertimbangannya dalam merencanakan karier masa depannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran work values terhadap adaptabilitas karier peserta didik kelas IX. Work values diukur dengan menggunakan The Work Values Scale (Ye, 2015) dan adaptabilitas karier diukur dengan menggunakan alat ukur Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) (Savickas & Porfeli, 2012). Partisipan penelitian ini adalah 569 peserta didik kelas IX SMP di Depok, Jawa Barat. Hasil olah data statistik Pearson Correlation menunjukkan  terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara work values dan adaptabilitas karier. Work values memberikan kontribusi sebesar 21% (R2) terhadap variasi adaptabilitas karier. Penelitian ini memberikan masukan tentang pentingnya wawasan peserta didik mengenai work values atau nilai suatu pekerjaan dimulai sejak mereka berada di SMP, agar mereka dapat dengan percaya diri menentukan pilihan peminatannya di SMA.

Keywords


Nilai kerja, adaptabilitas karir, peserta didik kelas IX, remaja.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24854/jps.v6i2.694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics View My Stats

 alt=
Fakultas Psikologi
Universitas Yarsi
Jln. Letjend Soeprapto, Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10510
Telp/fax : 021-4223138 

Creative Commons License
Jurnal Psikogenesis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License