Pendampingan Digital Marketing Bagi UMKM di Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat

Pendampingan Digital Marketing Bagi UMKM di Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat

Authors

  • Rini Hidayati
  • Muslikh Muslikh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YARSI
  • Imelda Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YARSI
  • Meidiati Sekarsari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jeci.v2i1.49

Keywords:

Komunitas Pemasaran Digital, Pendampingan Mendesain Websites, Promosi Online UMKM

Abstract

Program ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha mikro (UMKM) di Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Program ini bermula dari keinginan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan dengan materi membuat cara promosi online, membuat komunitas pemasaran digital, membuat portal website bagi UMKM di Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Pendekatan yang dilakukan adalah penyadaran/pembelajaran, implementasi dan pelatihan atau evaluasi bagi pelaku usaha mikro (UMKM). Kemampuan pengetahuan pemasaran digital, peserta meningkat dibandingkan sebelum kegiatan pendampingan dilaksanakan. Peningkatan kemampuan wawasan pemasaran digital sebesar 70%. Selain peningkatan pengetahuan, tingkat kepuasan peserta dari aspek pembicara, aspek materi, aspek sarana dan prasarana juga menunjukkan adanya kepuasan.

References

Alder Haymas Manurung. (2015). Bisnis UMKM, Kompas Media Nusantara, Jakarta.

Bakhri, Syaeful dan Futiah, Vuvut (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial. Volume 2 No. 2. Pp. 59-70

Dolinger, Marc J. (2013). Entrepreneurship: Strategies and Resources, Printice Hall, Singapore.

Freddy Rangkuti, Riset Pemasaran, 20117, Gramedia Jakarta

Halim, Abdul (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, kecil dan Menengah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju, GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi PembangunanVolume 1, No. 2, Pp. 157-172.

Harto, B., Rozak, A., dan Rukmana, A. Y. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. Volume 7 No. 1, Pp. 67–74.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), Volume 3 No. 3, Pp. 651–659.

Perwita, D. (2021). Telaah digital entrepreneurship: suatu implikasi dalam mengatasi permasalahan ekonomi. Jurnal Promosi, Volume 9 No. 2, Pp. 40–51.

Pitra Sarosa. (2013). Becoming Yong Enterpreneur, Alex Media Competindo.

Riyanto, Slamet; Azis, Muh Nur Luthfi dan Putera, Andi Rahman (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing Pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal ABDIMAS BSI. Volume 5 No. 1. Pp. 137-142.

Safak Muhamad. (2010). Cara Mudah Orang Gajian Menjadi Enterpreneur, Media Sukses.

Sarfiah, Sudati Nur; Atmaja, Hanung Eka; dan Verawati, Dian Marlina (2019), UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa, Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), Volume 4 No. 1, Pp. 137-146.

Tambunan, Tulus. (2012). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting, Salemba Empat, Jakarta.

Downloads

Published

2023-07-10