Melatih dan Mengembangkan Kreativitas Serta Keterampilan Anak Melalui Dongeng

Authors

  • Uswatun Hasanah Uswa universitas tjut nyak dhien
  • Ahmad Yudhira Yudhira Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Karolina Sitepu Universitas Tjut Nyak Dhien

https://doi.org/10.33476/jeci.v1i2.42

Keywords:

Kreativitas, Keterampilan, dongeng

Abstract

Tantangan zaman menuntut setiap orang untuk berkembang, untuk itu pengembangan kreativitas harus dilatih sejak dini, agar nantinya diharapkan memiliki pengetahuan luas serta keterampilan yang memadai dan didukung pula dengan kebiasaan yang positif. Supaya pembiasaan ini tertanam dalam diri setiap individu, maka proses pengembangan kreativitas dan keterampilan perlu dimulai sejak usia dini. Tujuan dari pelatihan ini adalah mengembangkan kreativitas dan keterampilan anak melalui dongeng yang juga mendukung program gerakan literasi sekolah. Apabila kita lihat dimasyarakat sekarang ini banyak dari anak-anak yang menghabiskan waktunya dengan kegiatan yang kurang berguna seperti main hp, main game dan menonton televisi serta kegiatan lainnya yang kurang memberikan pengetahuan kepada anak. Pengabdian Masyarakat ini bekerjasama dengan Cerita Baik Foundation dan juga Medan Pump Track. Metode yang digunakan adalah metode mendongeng/cerita. Hasil yang diperoleh anak-anak merasa senang dan termotivasi untuk membaca, mengeluarkan ide, bertanya, dan percaya diri di depan khalayak ramai.

References

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021

Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., & Nurhikmah, N. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4600–4607. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615

Monalisa. (2013). Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Melaui Dongeng Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–12.

Pratidina, N. N., & Widjajantie, K. (2017). Penerapan Metode Mendongeng dalam Pembelajaran Electone Dasar bagi Anak Usia Dini di Yamaha Music School Kudus. Jurnal Seni Musik, 6(1), 1–10.

Rahim, A. R. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Anak Melalui Keterampilan Mendongeng. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(1), 90–102. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i1.202

Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106

Rulviana, V. (2022). Pelatihan Mendongeng Sabtu Pagi untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter di SDN Banaran 02. Madaniya, 3(1), 31–36.

Sitorus, A. S. (2022). Pengembangan Modul Pelatihan DOCI (Dongeng Cilik) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Sosial Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(1), 619–624.

Sophya, I. V. (2018). Membangun Kepribadian Anak Dengan Dongeng. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 183. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4272

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Ulya. (2015). Dengan Mendongeng Menumbuhkan Kreativitas Anak. Ulyadays.Com. https://ulyadays.com/menumbuhkan-kreativitas-anak/

Zulfitria, Z., & Celara, D. (2018). Implementasi Metode Mendongeng Dalam Mengembangkan Potensi Siswa Sd. Jurnal Holistika, 2(2), 130–139.

Downloads

Published

2023-02-28