Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Dunia Profesional Sman 27 Jakarta
Keywords:
English Training, professional world, Language Leraning MethodsAbstract
Pelatihan ini bertujuan memberikan pengalaman belajar bahasa Inggris yang lebih interaktif, aplikatif, dan memotivasi. Metode pelaksanaan dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan narasumber dan peserta. Kegiatan English Training for the Professional World di SMAN 27 Jakarta dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris siswa dalam menghadapi dunia profesional, dengan berbagai metode seperti Grammar Translation Method (GTM), Audio-Lingual Method (ALL), Silent Way, Community Language Learning (CLL), dan Total Physical Response (TPR). Program ini menyoroti permasalahan umum yang dihadapi siswa Indonesia, seperti rendahnya motivasi, metode pembelajaran yang monoton, serta keterbatasan sarana dan prasarana. Kegiatan diikuti oleh 40 siswa kelas 10, 11, dan 12, dilaksanakan secara luring selama dua jam, serta dilengkapi pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas pelatihan. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada motivasi, keberanian, serta kepercayaan diri siswa dalam menggunakan bahasa Inggris. Program ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata dalam peningkatan kemampuan bahasa Inggris bagi siswa/i SMAN 27 Jakarta sekaligus menghasilkan luaran berupa publikasi ilmiah dan potensi hak kekayaan intelektual.
References
Dewi, N. A., Ahmad, Y., & Nugraha, S. (2024). The Implementation of Communicative Language Teaching Method in Learning Speaking for Junior High School. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(10), 619-624. https://doi.org/10.5281/zenodo.11473962
MT Astuti (2022). Analysis of the students' responses showed that their English language learning motivations were affected by both internal and external motivational factors ...
M. Janah (2022) dan lain-lain, mengenai faktor motivasi siswa di kelas online/offline serta pengaruh situasi pandemi terhadap motivasi bahasa Inggris.
Uddiniyah & Silfia (2020); Purnama et al. (2019); Nuradila (2017); Purwanto & Al Firdaus (2023). Studi terkait motivasi internal dan eksternal pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia.
Zidni Maruf, Bambang Widi Pratolo, Okta Widia Sari, Arlischa Ardinengtyas (2022). Motivation and demotivation factors in learning English among Indonesian orphan students. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andika Nuraga Budiman, Hilma Suyana, Ely Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a CC Attribution-ShareAlike 4.0 International License