Edukasi Soft Skill Siswa Dalam Pembelajar Di SMAN 18 Jakarta
Keywords:
Edukasi, Soft skill, PembelajaranAbstract
Tujuan pendidikan adalah menghasilkan lulusan atau sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan kompetitif. Lulusan tersebut diharapkan tidak hanya memiliki hard skills, tetapi juga soft skills. Untuk mencapai tujuan tersebut, penyelenggara pendidikan harus berupaya menciptakan transformasi pengetahuan dan transformasi nilai yang seimbang. Namun, secara umum, pendidikan di Indonesia saat ini lebih menekankan pada pengetahuan teknis atau hard skills dan kurang pada soft skills. Hal ini diduga menjadi salah satu faktor rendahnya kualitas lulusan, yaitu berupa rendahnya daya saing lulusan dan kurang kompetitif. Hal tersebut menggambarkan bahwa soft skills lulusan perlu ditingkatkan. Diperlukan upaya untuk membangun kemampuan mahasiswa dalam hal mengelola emosi, menghadapi stres, berkomunikasi, berintegritas/jujur, menerima perbedaan, dan sebagainya, yang semuanya merupakan atribut dari soft skills. Soft skills adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan. Dalam pembelajaran, guru dapat mengembangkan soft skills siswa dengan menerapkan metode permainan menggunakan media gambar. Diasumsikan bahwa metode permainan merupakan aktivitas yang tidak akan pernah ditolak oleh siswa karena sifatnya yang menyenangkan, dan media gambar dapat secara praktis menarik perhatian siswa.
References
Angkowo, R dan Kosasih, A. Optimalisasi Media Pembelajaran, (Jakarta: Grasindo, 2007)
Aly, Abdullah. Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills di Perguruan Tinggi, ishraqi, Volume 1 No. 1 Januari 2017
Chamdani, Muhamad. Penerapan Mind Map Pada Mata Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik Untuk Pengembangan Soft Skill Mahasiswa PGSD, DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik 1 (1) (2017)
Karjak, Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Menulis Berita Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Pendidikan Konvergensi edisi 20/volume V/April 2017 ISSN:2301-9050
Kawuryan, Sekar Purbarini. artikel. Implementasi Metode Permainan Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar, PGSD FIP UNY
Khobir, Abdul. Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. FORUM TARBIYAH Vol. 7, No. 2, Desember 2009
Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: PT Indeks, 2010)
Nurhayani, Evana dan Sukidi, Masengut. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas II Sekolah Dasar, JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216
Putra, Ichsan S. & Pratiwi, Ariyanti. Sukses Dengan Soft Skills, Bandung: ITB, 2005
Rambe, Andina Halimsyah. Tesis, Pengembangan Soft Skill Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Tematik (Studi Kasus SDN Ketawanggede Malang), Magister PGMI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018
Rusmardiana, Ana. Soft Skills Terhadap Karakter Siswa Sekolah Dasar,
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 2 Juli 2016
Salinan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013, kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/PP0322013.pdf, diakses pada 20 Januari 2018
Setiani Fani dan Rasto. Mengembangkan Soft Skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran, Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Volume 1, nomor 1, Agustus 2016
Suprapto, Edy. Peran Media Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran, PROCEEDING LPTK FKIP UNDANA “Pendidikan yang Membebaskan” Volum 1, Nomor 1, Mei 2015
Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Soelistyowati, Endang dan Nugroho, Vincent. Strategi Komunikasi (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012)
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu, (Jakarta: PT Bhumi Aksara, 2010) Yuswanti, Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala, Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4 ISSN 2354-614X
Zaini, Ahmad. Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini, ThufuLA Vol. 3 | No. 1 | Januari-Juni 2015
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hilma Suyana, Andika Nuraga Budiman, Ely Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a CC Attribution-ShareAlike 4.0 International License