Revitalisasi Perpustakaan sebagai Pusat Literasi di SDN Sukamulya 01

Authors

  • Maya Mustika
  • Hanifah Tri Nur Fadillah Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat
  • Hanifa Najla Gymnastia Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat
  • Luthfiannisa Ghessiani Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat
  • Siska Amaliyah Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat
  • Tamamatunnisa Al Fasihah Universitas Ibn Khaldun, Jawa Barat
  • Preztika Ayu Ardheta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta

https://doi.org/10.33476/jeci.v3i2.277

Keywords:

Perpustakaan, Revitalisasi, Literasi, Pembelajaran Siswa

Abstract

Program revitalisasi perpustakaan di SDN Sukamulya 01 bertujuan untuk meningkatkan kualitas literasi dan pembelajaran siswa dengan menjadikan ruang perpustakaan lebih fungsional. Program ini dilaksanakan dari Mei hingga Juni 2024. Melalui tahapan yang terstruktur, program ini dimulai dengan koordinasi bersama pihak sekolah, pengumpulan donasi buku dan dana, serta pemetaan ruang perpustakaan yang tersedia. Renovasi fisik dengan pengecatan, pembersihan, dan penataan ulang koleksi buku agar lebih terorganisir dan relevan dengan kebutuhan siswa. Papan cita-cita dipasang untuk memotivasi siswa, sementara pelatihan pengelolaan perpustakaan diberikan kepada guru dan staf untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola perpustakaan secara modern dan interaktif. Keberhasilan program ini diukur melalui beberapa indikator, antara lain peningkatan penambahan koleksi buku dan meningkatnya partisipasi siswa dalam kegiatan literasi. Program ini berhasil menciptakan perpustakaan yang dinamis, mendukung perkembangan literasi, dan membangun budaya literasi di lingkungan sekolah. Keberhasilan revitalisasi ini juga diharapkan dapat berkelanjutan dengan melibatkan seluruh pihak sekolah dalam menjaga dan mengembangkan perpustakaan.

References

Afrizal, H. (2024). Peran perpustakaan sekolah dalam proses pembelajaran (Analisis persepsi guru dan siswa di SMP Negeri 1 Trumon) [Skripsi, Universitas Islam Negeri AR-Raniry Darussalam Banda Aceh].

Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi perpustakaan untuk meningkatkan minat literasi siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771

Andriyanto, S., Pratama, M. S., & Dewayani, R. J. (2023). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran di SDN Jebus, Bangka Barat. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 166–172.

Esposito, J. L., & Voll, J. O. (2001). Makers of contemporary Islam. Oxford University Press.

International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA). (2015). The role of libraries in supporting literacy and lifelong learning. IFLA. Retrieved from https://www.ifla.org/publications/node/9450

Krashen, S. (2004). The power of reading: Insights from the research. Libraries Unlimited. Retrieved from https://www.sdkrashen.com/content/books/the_power_of_reading.pdf

Nzewi, A. N. (2020). Re-engineering school libraries in information literacy for sustainable development in Nigeria. The International Institute for Science, Technology and Education (IISTE). https://core.ac.uk/download/327152023.pdf

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2019). Programme for international student assessment (PISA) results. OECD Publishing. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA-2018-results.htm

Rakian, S. (2020). Program kemitraan masyarakat (PKM) sekolah dasar di Desa Passo Kecamatan Kakas Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 83–95.

Santosa, P. W. (2020). Determinants of price reversal in high-frequency trading: Empirical evidence from Indonesia. Investment Management and Financial Innovations, 17(1), 175-187. https://doi.org/10.21511/imfi.17(1).2020.16

UNESCO. (2006). Education for all global monitoring report: Literacy for life. UNESCO Publishing. Retrieved from https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000144270

Weiss, H. B., McWilliams, L., Lopez, M. E., & Caspe, M. (2017). Ideabook: Libraries for families. Public Library Association.

Published

2025-02-27