Penyuluhan Membangun Wirausaha di Era Digital untuk Siswa SMK

Authors

  • Yusuf Suhardi Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia, Jakarta
  • Arya Darmawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Zulkarnaini Zulkarnaini Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia, Jakarta
  • Meita Pragiwani Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia, Jakarta
  • Sri Handoko Sakti Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia, Jakarta

https://doi.org/10.33476/jeci.v3i1.122

Keywords:

Bisnis Online , Media Sosial , Teknologi Digital

Abstract

Dosen STIE Indonesia Jakarta melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan memberikan penyuluhan dan pengetahuan tentang kewirausaaan di Era Digital kepada siswa SMK ICB. Kegiatan ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan perkembangan bisnis saat ini. Bisnis online, yang kini marak seperti jamur di musim hujan, mudah dikelola bahkan oleh siswa SMK, dengan biaya yang relatif terjangkau. Bisnis online merupakan jenis usaha yang memanfaatkan internet sebagai sarana pemasaran produk atau jasa. Hasil kegiatan ini memberikan suatu informasi bahwa Siswa SMK mengerti dan punya kemauan tinggi dalam berwirausaha yang mempadukan teknologi kekinian yaitu dunia internet sebagai kekuatan teknologi media sosial dan kaitannya dengan dunia digital. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membuat siswa SMK memiliki keinginan atau cita cita menjadi pengusaha yang dalam cita citanya ingin meraih masa depan melalui wirausaha yang gemilang.

References

Indrayani, L., Bambang Permadi, W., Ulfah Arini, D., & Amin, P. (2021). Menciptakan wirausaha milenial dalam pelatihan strategi perencanaan bisnis. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 95–104. https://doi.org/10.31537/dedication.v5i1.444

Latifah. (2017). Menumbuhkembangkan Karakter Siswa SMAN 13 Semarang Melalui Kanjusera SMA Negeri 13 Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22.

Nugraheni, Y. T., & Firmansyah, A. (2021). Model Pengembangan Pendidikan Karakter di Pesantren Khalaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta). Quality, 9(1), 39. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.9887

Tharob, G. F., Mingkid, E., & Paputungan, R. (2017). Analisis Hambatan Bisnis Online Bagi Mahasiswa Unsrat Analysis of Business Barriers Online for Unsrat Students. Acta Diurna, VI VI(2).

Wahyuningtyas, A. C. (2019). Berbisnis Online Melalui Media Sosial. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.18197

Suhardi, Yusuf, (2013), Kewirausahaan, Penerbit Ghalia Indonesia

Timothy, James (2010), Membangun Bisnis Online, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Published

2024-08-15