Pelatihan Pemasaran UMKM Berbasis Media Sosial pada Desa Mandalamekar Kabupaten Bandung

Authors

  • Harry Budiantoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YARSI
  • Dean Salomo Anthonio STEI Rawamangun, Jakarta, Indonesia
  • Perdana Wahyu Santosa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YARSI
  • Hesty Juni Tambuati Subing Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YARSI
  • Nurfadhilah Zahra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YARSI
  • Lison Wiratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jeci.v2i2.118

Keywords:

UMKM , Peningkatan , alternatif

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan, keterampilan, dan penerapan pemasaran melalui media sosial di Desa Mandalamekar, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Ini didasarkan pada kenyataan bahwa salah satu tantangan yang dihadapi oleh Desa umumnya adalah kurangnya pengetahuan tentang pemasaran online, terutama seiring dengan kemajuan teknologi internet. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pelatihan mengenai pemasaran UMKM berbasis media sosial agar memungkinkan UMKM untuk melakukan transaksi dengan lebih mudah melalui aplikasi. Metode implementasi terdiri dari analisis awal, yang mencakup survei dan pelatihan UMKM dalam pemasaran melalui media sosial, serta melibatkan pihak terkait lainnya. Kegiatan pelatihan melibatkan narasumber dari internal dan eksternal. Hasil dari pelaksanaan pelatihan menunjukkan peningkatan dalam kualitas produksi video untuk pemasaran UMKM di Karang Taruna

References

Aisyah, Siti., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Ali, M., & Ahmad, S. (2020). The Role of Social Media Marketing in Building Brand Loyalty: A Case Study of Fast Food Industry. Journal of Marketing and Consumer Research, 67, 55-67.

Andriana, AN., Hijrah, L., Putri, DA.,Putri, WU., Fauziah, S., Darus, CO. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. JMM : Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7336

Darmastuti, S. ., Juned, M., Ali, S., & Satrio, J. (2021). Pelatihan Pembuatan Konten Media Sosial Dalam Strategi Marketing Bagi Karang Taruna Desa Panyirapan, Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 83-92. Diambil dari http://ejournal.pskp.or.id/index.php/jpm/article/view/18

Jauhari, A.,Najib,m., Aminah, M.(2022). Perilaku Adopsi E-Commerce Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Makanan dan Minuman di Masa Pandemi COVID-19. Researchgate, 13 (4). https://doi.org/10.29244/jmo.v13i4.37567

Mulyana, S., & Suryani, Y. (2020). Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs): An Overview. Journal of Entrepreneurship, Business and Economics, 8(1), 98-113.

Rehman, A., & Nasir, N. (2015). Role of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Economic Growth: A Case Study of Pakistan. Journal of Economics and Sustainable Development, 6(9), 48-58. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5140

Smith, J., & Brown, A. (2020). The Role of Social Media in Modern Marketing Strategies. Journal of Marketing Trends, 45(6), 32-45.

Taufik, T., Pamuji Setiawan, Yuri Fitrian, Eko Hendrawan, Sucipto, S., & Anggi Andriyadi. (2023). Penyuluhan Pemanfaatan Sosial Media Untuk Pemasaran Produk UMKM Di Masa Era Digitalisasi. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 523–528. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i3.6269

Wijiastuti, s., Darmaningrum, k., Widodo ZD. (2021) Pengenalan Digital Marketing, Pelatihan Sosial Media Dan E-Commerce Dan Merancang Konten Pemasaran Yang Baik Bagi Pelaku Usaha Umkm Di Yayasan Amal Bakti Sudjono Taruno Baki Sukoharjo. PADMA Pengabdian Dharma Masyarakat Pengenalan Digital Marketing, 1(4). http://dx.doi.org/10.32493/jpdm.v1i4.13483

Published

2023-10-10