PROMOSI ASI EKSKLUSIF MELALUI TWITTER DAN INTENSI MENYUSUI PADA IBU HAMIL

Authors

  • Fitri Arlinkasari Fakultas Psikologi Universitas YARSI
  • Sari Zakiah Akmal Fakultas Psikologi Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/knpk.v1i1.5363

Keywords:

ASI Ekslusif, Intensi, Promosi, Twitter

Abstract

Secara global, pemberian ASI eksklusif menunjukkan penurunan yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti gaya hidup ibu, tuntutan pekerjaan, minimnya dukungan lingkungan, hingga promosi susu formula yang mengisyaratkan keunggulannya yang melebihi ASI. Sebagai upaya untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terutama kaum ibu terhadap keunggulan dan manfaat ASI, sejumlah kelompok mencoba berbagai usaha promosi pemberian ASI eksklusif melalui sejumlah media, termasuk media internet.Komunitas Ayah ASI (yang diinisiasi oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) melalui akun twitternya di @ID_AyahASI.Penelitian ini mencoba melihat hubungan pesan promosi ASI eksklusif yang digencarkan oleh akun @ID_AyahASI dengan intensi menyusui pada ibu hamil.Peneliti mengkaji beberapa model pesan dalam isi tweet akun @ID_AyahASI dan mengkorelasikannya dengan intensi ibu hamil untuk menyusui anak mereka secara eksklusif.Bentuk pesan promosi dibagi ke dalam bentuk pesan komedi, keuntungan kesehatan, stigma, opini publik dan seksualitas.Sementara pengukuran intensi dilihat dari sikap partisipan terhadap perilaku menyusui, subjective norm dan self-efficacy.Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang merupakan pengikut akun @ID_AyahASI, dengan sampel penelitian berjumlah 162 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang kuat (r = 0.693, p = 0.000) antara promosi promosi ASI eksklusif melalui twitterdengan intensi menyusui pada ibu hamil. Adapun bentuk pesan promosi yang memiliki hubungan kuat dengan intensi menyusui adalah pesan opini publik (r = 0.713) dan seks (r = 0.700). Pesan berbentuk opini publik mengisyaratkan bahwa seorang ibu tetap bisa menyusui dimana saja dengan segala kemudahan (fasilitas, kesempatan, dll) yang bisa ia temukan.

References

Byalaska-Davis, Paula. (2011). The Role of the Mass Media in Women’s Infant Feeding Decisions.Reported to Dissertation Presentation. Massachussets

Corsini, Raymond J. (2002). TheDictionary of Psychology. Philadelphia: Brunner-Routledge

Damstra, Kelli Marie. (2012). "Improving Breastfeeding Knowledge, Self-Efficacy and Intention through a Prenatal Education Program" Doctoral Dissertations.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975).Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Giles, Melanie. et.al., (2007). Measuring Young People’s Attitude to Breastfeeding Using the Theory of Planned Behaviour.Journal of Public Health.29: 17-26

Khatun, S., Punthmatharith, B., & Orapiriyakula, R. (2010).The influence of breastfeeding attitude and subjective norm on intention to exclusive breastfeeding of mothers in Dhaka, Bangladesh.The 2nd International Conference on Humanities and Social Sciences.

Hajeebhoy, N. (2014). Strategic Design of Mass Media: Promoting Breastfeeding In Viet Nam.Viet Nam: Alive & Thrive

Humphreys, Amy S., Thompson, Nancy J., & Miner, Kathleen R. (1998).Assesment of Breastfeeding Intention Using the Transtheoritical Model and the Theory of Reasoned Action.Health Education Research.13: 331 – 341.

International Labor Organization, 2000.Konvensi Perlindungan Maternitas K. 183. Jenewa.

Morris, Jake., Marzano, Mariella., Dandy, Norman & O’Brien, Liz. (2012). Theories and Models of Behaviour and Behaviour Change. Forestry.

Schiffman, L. & Kanuk., L. (2006).Consumer Behavior.New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Shahla, M., Fahy, K., & Kable, A.K., (2010). Factors that positively influence breastfeeding duration to 6 months : a literature review. South Cross University epublication.

Prasetyono, D.S.. (2009). Buku Pintar ASI Eksklusif: Pengenalan, Praktik Dan Kemanfaatan-Kemanfaatannya. Jakarta : Diva Press Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Wakefield, M. (2011).Influencing Health Behaviours for Good Using Mass Media. Melbourne: Cancer Council Victoria

Internet:

Anonim. ___. Tesis. Universitas Binus. 3 April 2014. http://library. binus.ac.id /eColl s/eThesisdoc/Bab2/2012-2-01801-DS%20Bab2001.pdf

Linkages.Pemberian asi eksklusif atau asi saja :satu-satunya sumber cairan yangdibutuhkan bayi usia dini. gizi.depkes.go.id/asi/download/linkages-asi1.pdf. Juli, 31, 2012. Rahayuningsih, SU. (2008). Sikap (Attitude). Diambil dari website: www.staff.gunadarma.ac.id.

Downloads

Published

07-03-2025