PENGARUH AKSES INFORMASI TENTANG ASI EKSKLUSIF (ASIX) MELALUI TWITTER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU MENYUSUI
Keywords:
ibu menyusui, Twitter, Pengetahuan, ASI Eksklusif (ASIX)Abstract
Tingginya jumlah balita kurang gizi, dan angka kematian bayi (AKB) di Indonesia, termasuk di Aceh, salah satunya terkait dengan masih rendahnya pemberian ASI eksklusif (8.58%). Salah satu penyebab rendahnya pemberian ASI Ekslusif (ASIX) adalah karena minimnya informasi mengenai pentingnya ASI Ekslusif, khususnya melalui media mainstream. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh akses informasi tentang ASIX melalui media sosial twitter terhadap peningkatan pengetahuan ibu menyusui akan ASIX. Responden penelitian adalah 80 ibu yang sedang maupun tidak lagi dalam masa menyusui, dan pengumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner kepada 40 responden pengguna twitter dan 40 non pengguna twitter. Melalui uji regresi sederhana¸diperoleh R=0,361, yang menunjukan bahwa akses informasi melalui twitter memiliki pengaruh yang rendah terhadap peningkatan pengetahuan mengenai ASIX. Hasil uji independent t-test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan peningkatan pengetahuan signifikan mengenai ASIX antara kedua kelompok responden. Sedangkan R2=0,130, sehingga dapat disimpulkan bahwa akses informasi melalui Twitter hanya memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan ibu menyusui sebesar 13%, dan sisanya 87% pengetahuan ibu menyusui dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar akses melalui Twitter, yaiatu (a) faktor struktural (termasuk masih kurang atau belum seimbangnya informasi tentang ASIX dibandingkan dengan iklan/promosi susu formula, serta rendahnya peran dan dukungan tenaga kesehatan dan keluarga, dan minimnya fasilitas pendukung pemberian ASI). (b) faktor kultural (seperti budaya pemberian makanan pendamping ASI/MPASI pada bayi sebelumberusia 6 bulan).
References
Alexa- the web information company. (2013). Top sites in indonesia. Diakses pada 22 Januari 2013. http://www.alexa.com/topsites/countries/ID
Aprilia, Y. (2009). Analisis sosialisasi program inisiasi menyusu dini dan asi ekslusif kepada bidan di kabupaten klaten. Universitas Diponegoro, Semarang.
Ardianto, E., & Lukiati, KE. (2004). Komunikasi massa suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Arikunto, S. (2007). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Fikawati, S & Achmad, S. (2003). Hubungan antara menyusui segera dengan pemberian asi ekslusif sampai dengan empat bulan. Jurnal Kedokteran Trisakti. 22(2).
Internet World Stats: Usage and Population Statistic—Indonesia. (2011). Broadband and consumer e-commerce in indonesia. Diakses pada tanggal 20 Mei 2011. http://www.internetworldstats.com/asia/id.htm
Kompas. (2012). Serius. Kematian ibu dan anak di indonesia. Diakses pada tanggal 3 Maret 2013.http://nasional.kompas.com/read/2012/11/12/08473097/Serius..Kematian.Ibu.dan.Anak.di.Indonesia
Kriyantono, R. (2007). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nuruddin. (2007). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Peraturan Pemerintah. (2012). Peraturan pemerintah republik indonesia mengenai no. 33 tahun 2012 mengenai pemberian air susu ibu ekslusif.
Profil Kesehatan Aceh.(2009).
Riset Kesehatan Dasar. (2007). Laporan provinsi nanggroe aceh darussalam. Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Riset Kesehatan Dasar. (2010). Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Sendjaja, SD. (1994). Teori komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Singarimbun, M. (1996). Metode penelitian survei. LP3S, Jakarta.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kualitatif kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alphabeta.
Widodo, Y. (2011). Cakupan pemberian asi ekslusif: Akurasi dan interpretasi data survey dan laporan program gizi indonesia. 34(2), hal 101-108.
Yusup, PM. (2009). Ilmu informasi, komunikasi dan kepustakaan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
____________. 1995. Pedoman praktis mencari informasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizanna Rosemary, Risana Rachmatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.