Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan di Surabaya

Authors

  • Umi Anugerah Izzati Jurusan Psikologi FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Olievia Prabandini Mulyana Jurusan Psikologi FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi Jurusan Psikologi FIP Universitas Negeri Surabaya

https://doi.org/10.33476/knpk.v4i1.5338

Keywords:

Efikasi Diri, Kesejahteraan Psikologis, Siswa, SMK

Abstract

Kesejahteraan psikologis merupakan hal penting untuk dimiliki setiap individu. Kesejahteraan psikologis dianggap penting karena berkaitan dengan kehidupan individu selama rentang waktu kehidupannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis salah satunya yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kesejahteraan psikologis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total populasi. Subyek penelitian ini adalah 360 siswa baru salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Surabaya yang terdiri dari siswa jurusan akuntansi dan keuangan lembaga, otomatisasi dan tata kelola perkantoran dan multimedia. Instrumen yang digunakan menggunakan skala efikasi diri dan skala kesejahteraan psikologis yang dikembangkan peneliti. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara efikasi diri dengan kesejahteraan psikologis pada siswa baru SMK.

References

Anggarwati, P. I., & Thamrin, W. P. (2019). Work Family-Conflict Dan Psychological Well-Being Pada Ibu Bekerja. Jurnal Psikologi, 12(2), 200–212. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2444

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the Exercise of Control. Freeman: New York.

Basito, M. D., Arthur, R., & Daryati, D. (2018). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.3

Linawati, R. A., & Desiningrum, D. R. (2017). Hubungan antara Religiusitas dengan Psychological Well-Being pada Siswa SMP Muhammadiyah 7 Semarang. Jurnal Empati, 7(3), 105–109.

Linayaningsih, F., & Nawangsih, S. K. (2017). Pengaruh Achievement Grouping dan Dukungan Sosial terhadap Psychological Well-Being Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 2(2), 1–5.

Prabowo, A. (2016). Kesejahteraan Psikologis Remaja di Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 04(02), 246–260.

Rahama, K., & Izzati, U. A. (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Psychological Well-Being pada Karyawan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 94–106.

Rahmawati, N. R., Handarini, D. M., & Triyono, T. (2017). Relation of Emotional Intelligence, Self-esteem, Self-efficacy, and Psychological Well-Being Students of State Senior High School. Jurnal Pendidikan Humaniora, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.17977/um030v5i12017p040

Rosalina, R., & Siswati. (2018). Hubungan antara Psychological Capital dengan Psychological Well-Being pada Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(3), 291–296.

Ryff, C. D. (1989). Happiness is Everything, or Is It? Explorations on the Meaning of Psychological Well Being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081.

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of Psychological Well-Being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727. https://doi.org/10.1037/0022-3514.69.4.719

Salimirad F, N. L. Srimathi (2016). The Relationship between, Psychological Well-Being and Occupational Self-Efficacy among Teachers in the City of Mysore, India. The International Journal of Indian Psychology. Volume 3, Issue 2, No.3, http://www.ijip.in

Sholikha, S., & Izzati, U. A. (2021). Hubungan Antara Keterlibatan Kerja Dengan Organizational Citizenship Behavior pada Guru. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 08(03), 88–100.

Siddiqui, S. (2015). Impact of Self-Efficacy on Psychological Well-Being among Undergraduate Students. International Journal of Indian Psychology, 2(3). https://doi.org/10.25215/0203.040

Downloads

Published

03-03-2025