Pengaruh Kelekatan Anak dengan Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak dan Remaja
Keywords:
Anak, Kelekatan, Perkembangan Kognitif, RemajaAbstract
Piaget menjelaskan, perkembangan kognitif peserta didik perlu didasari dari pengajaran atau strategi yang diberikan oleh pengajar. Serta proses pengajaran/pendidikan dapat membantu peserta didik dalam menilai atau menentukan sejauh mana perkembangan kognitif yang mereka miliki. Hanya saja dalam kondisi pandemi Covid-19 ini kegiatan pembelajaran tidak dapat dilakukan sebagaimana biasanya. Kegiatan pembelajaran kini dilakukan dengan jarak jauh, dilakukan secara online, dan sebagian melakukannya secara tatap muka terbatas. Peranan orang tua saat ini lebih mendominasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh anak selama dirumah dibandingkan peran guru disekolah. Disamping itu, peran dalam memberikan pengajaran bukan hanya tanggung jawab seorang guru, tetapi orang tua juga berperan penting dalam perkembangan kognitif pada anak. Oleh sebab itu, dalam makalah ini peneliti tertarik untuk melihat sejauh mana pengaruh yang diberikan dari kelekatan anak dan orang tua terhadap perkembangan kognitif pada anak & remaja. Berdasarkan kajian literatur didapati bahwa kelekatan secara aman antara ibu dan anak menunjukkan skor yang lebih tinggi pada perkembangan kognitif anak jika dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki kelekatan secara aman dengan orangtuanya. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melihat keterkaitan antara kelekatan anak dan orang tua terhadap perkembangan kognitif pada remaja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Literature Review. Sebanyak 17 jurnal yang peneliti temukan, akhirnya ditetapkan sebanyak sembilan jurnal yang dijadikan sebagai sumber utama dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelekatan anak dengan orang tua berpengaruh pada perkembangan kogitif anak dan remaja. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan tentang pentingnya kelekatan orang tua dan anak bagi perkembangan kognitif anak dan remaja.
References
Astuti, N. D., & Astuti, K. (2020). Kelekatan Anak dan Orangtua dengan Perilaku Cyberbullying pada Remaja. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP 2020 (pp. 662-666). Purwokerto: UM Purwokerto Press.
Cahyono, E. A., Sutomo, & Hartono, A. (2019). Literatur Review; Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2).
Diananda, A. (2020). Kelekatan Anak pada Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif dan Harga Diri. ISTIGHNA, 3(2), 141-157.
Fauziah, E. S. (2018). Hubungan Kelekatan Guru dan Orangtua dengan Kemandirian Belajar Siswa di Kelas 1 MI Far’ul Hidayah Sawangan Baru Kota Depok. Skripsi.
Hijriati. (2016). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33-49.
Iswantiningtyas, V. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Selama Belajar Di Rumah. Efektor, 8(1), 9-20.
Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget. Dialektika Jurusan PGSD, 5(1), 1-10.
Latifah, E. W., Pranaji, D. K., & Puspitawati, H. (2016). Pengaruh Pengasuhan Ibu dan Nenek Terhadap Perkembangan Kemandirian dan Kognitif Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 9(1), 21-32.
Majimbo, E. (2017). Influence of Attachment Style on Academic Performance of adolescents in High Cost Private secondary Schools in Nairobi Country, Kenya. European Scientific Journal April 2017, 13(10), 90-104.
McDevvit, T. M., & Omrod, J. E. (2002). Child development and education. New Jersey: Pearson Education.
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1), 73-84.
Nurdiani, A. F., & Mulyono, R. (2014). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Attachment Style Terhadap Perasaan Kesepian Pada Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan Khazanah Kebajikan. TAZKIYA Journal of Psychology, 2(2), 183-195.
Nurhayati, D. (2011). Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kelekatan Anak-Orang Tua. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2011. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Nurlaeli, D. R., & Nurwanti, N. (n.d.). Kelekatan (Attachment) Ibu – Anak Di Tengah COVID-19. Program Studi Ilmu kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran.
Rahmatunnisa, S. (2019). Kelekatan Anak Dengan Ibu Bekerja di Era Digital. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1), 44-55.
Santrock, J. W. (2019). Life-Span Development, Seventeenth Edition. New York: McGraw-Hill Education.
Trenggonowati, D. L., & Kulsum. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Services, 4(1), 48-56.
Valentina, F. A. (2021). Dampak Insecure Attachment pada Anak Usia Dini.
Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.
Zega, B. K., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada A
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kezia Ayu Teena, Naomi Aisyah Srikandi, Rudy Pratama, Muhamad Nanang Suprayogi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.