Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Youtube dan E-Modul Antenatal Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Melakukan Simulasi Pemeriksaan Abdomen Ibu Hamil Leopold 1-4 (Penelitian Tindakan Kelas)

Authors

  • Murtiningsih Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayakarta
  • Hanif Abdul Latif Ilmu Komputer, Universitas Bina Sarana Informatika

https://doi.org/10.33476/knpk.v4i1.5328

Keywords:

e-learning, Pemeriksaan Leopold 1-4, YouTube, e-modul

Abstract

Pembelajaran keterampilan prosedur keperawatan maternitas tidak dapat dilakukan secara tatap muka di laboratorium selama pandemi covid 19. Pemanfaatan teknologi pembelajaran YouTube dan e-modul dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa melakukan simulasi pemeriksaan abdomen ibu hamil Leopold 1-4 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keterampilan mahasiswa melakukan simulasi pemeriksaan Leopold 1-4 melalui pemanfaatan teknologi media YouTube dan e modul. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Sampel penelitian total sampling mahasiswa semester III yang mengikuti perkuliahan keperawatan maternitas I semester ganjil tahun akademik 2021/2022 sebanyak 18. Dosen memberikan kuliah secara daring menggunakan zoom dan menggunakan media pembelajaran YouTube dan e modul antenatal. Mahasiswa melakukan latihan secara mandiri simulasi pemeriksaan Leopold 1-4. Pengumpulan data untuk menilai keterampilan mahasiswa dilakukan dengan upload bukti simulasi prosedur keterampilan Leopold 1-4 pada Learning Management System (LMS) STIKes Jayakarta. Analisa data menggunakan deskriptif analitik untuk menilai keterampilan pemeriksaan Leopold 1-4. .Hasil Penelitian didapatkan pada siklus I mahasiswa yang mengumpulkan tugas upload melalui LMS sebesar 94%. Pada siklus II mahasiswa yang mengumpulkan tugas 100%. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sampai semua mahasiswa mampu melakukan keterampilan pemeriksaan Leopold 1 sampai 4. Pada Siklus I mahasiswa melakukan simulasi Leopold 1 adalah 66.7% benar, Leopold 2 adalah 50 % benar, Leopold 3 adalah 66.7% benar, Leopold 4 adalah 61.1 % benar. Pada Siklus II mahasiswa melakukan simulasi Leopold 1 adalah 72.2% benar, Leopold 2 adalah 72.2 % benar, Leopold 3 adalah 72.2% benar, Leopold 4 adalah 61.1 % benar. Pada Siklus III mahasiswa dapat melakukan simulasi Leopold 1 -4 100 % benar. Kesimpulan pada siklus III semua mahasiswa dapat menunjukkan simulasi pemeriksaan Leopold 1-4 dengan benar. Rekomendasi mahasiswa diberikan kesempatan untuk latihan berulang secara mandiri. Penilaian selanjutnya dilakukan melalui penilaian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) secara tatap muka di laboratorium dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

References

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia, & (AIPNI). (2016). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015 Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia. www.aipni-ainec.com

Asrori, M. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. CV Wacana Prima.

Budi, P., Ahmad, M., Mushawwir, A., & ... (2020). Pengaruh Pemberian Modul Asuhan Persalinan Kala II Terhadap Keterampilan Mahasiswa DIII Kebidanan. Jurnal Keperawatan …. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/3951

Deswani. (2019). Asuhan Keperawatan Prenatal Dengan Pendekatan Neurosains . Wineka.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. (2020). Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi. 29.

Media, L. (2009). YouTube dan Google Video. MediaKom.

Metti Verawati. (2012). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH FISIOLOGI [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/26275

Murtiningsih; Hanif Abdul Latif. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Audio Visual Melalui YouTube Prosedur Keperawatan Maternitas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayakarta. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/5863

Murtiningsih. (2020). MODUL BELAJAR KEPERAWATAN MATERNITAS I PEMERIKSAAN FISIK IBU HAMIL Palpasi Abdomen Leopold 1-4. https://www.academia.edu/45459146/Modul_antenatal_pemeriksaan_fisik_Leopold

Murtiningsih. (2021). RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER M . K . Keperawatan Maternitas I Semester III Kelas A TA 2020 / 2021 (pp. 1–25).

Prasetio, T., & Utari, D. R. (2020). Analisis Soft Skill Mahasiswa Melalui Tindakan Kelas Pada Mata Kuliah Berbasis E-learning. Seminar Nasional. http://senadi.upy.ac.id/prosiding/index.php/senadi/article/view/141

Reeder;Martin;Koniak Grifin. (2012). Keperawatan Maternitas. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Yufitriana Amir, A. F. (2012). PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENGUKUR PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO. https://repository.unri.ac.id/xmlui/handle/123456789/6292

Downloads

Published

02-03-2025