QUALITY OF LIFE DAN TEACHING SELF-EFFICACY PADA KELOMPOK PROFESI DOSEN FAKULTAS PSIKOLOGI PERGURUAN TINGGI SWASTA DI BANDUNG

Authors

  • Maria Yuni Megarini Cahyono Fak. Psikologi UPI YAI
  • Irene Tarakanita Fak. Psikologi Universitas Kristen Maranatha

https://doi.org/10.33476/knpk.v1i1.5254

Keywords:

quality of life, guru, self-efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran derajat quality of life dan teaching self-efficacy. Teknik pengambilan sampelnya adalah non-probability sampling yaitu partisipan dipilih berkaitan dengan topik penelitian dan didapatkan 37 orang. Desain non-probability sampling yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kedekatan dalam menjangkau populasi. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner quality of life dari WHOQOL-BREF yang dibuat oleh tim dari World Health Organization (WHO) yang meliputi domain fisik, psikologis, sosial dan hubungan dengan lingkungan. Kuesioner quality of life diadaptasi dari WHOQOL-BREF yang berjumlah 26 item dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,936 serta nilai validitas antara 0,372-0,818. Kuesioner teaching self-efficacy dari Bandura meliputi aspek efficacy to influence decission making, efficacy to influence resources, instructional self-efficacy, disciplinary self-efficacy dan efficacy to create a positive climate yang sudah diadaptasi oleh peneliti dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,914 serta nilai validitas antara 0,363-0,769. Hasil korelasi antara quality of life dan teaching self-efficacy diperoleh sebesar 0,318 yang berarti korelasi tergolong rendah. Berdasarkan hasil hitung statistik dapat diperoleh hasil bahwa mayoritas partisipan memiliki quality of life yang positif dan sebagian responden memiliki derajat teaching self-efficacy pada level sedang sampai tinggi. Saran yang dapat diberikan bagi penelitian selanjutnya adalah perlu dikembangkan dengan mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi quality of life dan teaching self-efficacy, melibatkan partisipan yang lebih banyak dan lokasi penelitian yang lebih luas. Implikasi dari penelitian ini akan didiskusikan lebih lanjut.

References

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action; a social cognitive theory. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy; The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company

Bandura, A. (2006). Guide for constructing self-efficacy scales. In F Pajares & T Urdan (Eds.), Self-efficacy beliefs of adolescents. Greenwich, Conneticut: Information Age Publishing, Inc.

Campbell, J. (1996). A Comparison of teacher efficacy for pre and in-service teacher in scotland and america. Education Journal, 117, 2-11.

Chang, T-S., McKeachie, W., & Lin, Y-G. (2010). Faculty perceptions of teaching support and teaching efficacy in taiwan. Education Journal, 59, 207-230.

Drewnowski (1997). On measuring and planning the quality of life. New Jersey: Lawrence Exlbaum Associates Publishers.

Erawati, Muna. (2012) Profil dan faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi guru madrasah ibtidaiyah peserta dual mode system. Jurnal Inferensi, 6, 417-440.

Ghazali, I. (2001). Aplikasi analisis multivariate dengan program spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nunn, G.D., & Jantz, P.B. (2009). Factors within response to intervention implementation training associated with teacher efficacy beliefs. Education Journal, 129, 599-607.

Papalia., Diane, E., Olds., Sally, & Wendkos. (1998). Human development. 2nd ed.USA:Mc Graw-Hill, Inc.

Purnamasari, Nuzul. (2011). Kualitas hidup wanita yang menderita penyakit kanker di RSUD Dr.Pringadi Kota Medan.Skripsi.Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara.

Sarafino, E. P. (1994) Healthy psychology. 2nded. New York: John Wiley n Sons.

Slavin, R.E. 2012. Educational psychology: Theory and practice—tenth edition. Boston: Pearson.

The WHOQOL Group. The world health organization quality of life assessment (WHOQOL): Development and general psychometric properties. Sos Sci Med 1998; 41: 1403-9.

Tschannen-Moran, M., & Woolfolk Hoy, A. (2001). Teacher efficacy: Capturing an elusive construct. Teaching and Teacher Education, 17, 783-805.

Tschannen-Moran, M., & Woolfolk Hoy, A. (2007). The differential antecedents of self-efficacy beliefs of novice and experienced teachers. Teaching and Teacher Education, 23, 944-956.

Tschannen-Moran, M., Woolfolk Hoy, A., & Hoy, W.K. (1998). Teacher efficacy: Its meaning and measure. Review of Educational Research, 68, 202-248.

Tschannen-Moran, M., & Woolfolk Hoy, A. (2007). The differential antecedents of self-efficacy beliefs of novice and experienced teachers. Teaching and Teacher Education, 23, 944-956.

Downloads

Published

21-02-2025