PSIKOTERAPI PENYAKIT SOMBONG PERSPEKTIF AL-GHĀZALĪ

Authors

  • Ahmad Rusdi Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia

https://doi.org/10.33476/knpk.v1i1.5237

Keywords:

psikoterapi, sombong, al-Ghazali, Islam

Abstract

Sombong merupakan penyakit yang berbahaya dalam pandangan Islam. Karena berhubungan dengan berbagai penyakit yang lain, seperti ‘ujub dan riyā. Serta merupakan bentuk kebodohan diri (jahl al-nafs) yang akan membawa pada penderitaan. Bahkan, sombong dapat mempengaruhi munculnya symptom. Tulisan ini ingin membahas bagaimana psikoterapi sombong dalam perspektif al-Ghazālī. Untuk mengetahui bagaimana psikoterapi penyakit sombong perspektif al-Ghazālī, penulis memfokuskan kajian literatur pada kitab Iḥyā’ ‘Ulūm al-Dīn pada bab khusus bayān al-ṭarīq fī mu’ālijah al-kibr wa iktisāb al-tawādu’ lahū (penjelasan mengenai terapi sombong dan upaya mencapai tawadu). Secara garis besar, al-Ghazālī menerangkan bahwa ada dua tahap (maqāmān) pengobatan penyakit sombong.Tahap pertama adalah dengan “mencabut akar” penyakit sombong dari dalam hati. Kedua, dengan melawan segala sesuatu yang menjadi sebab kesombongan. Pendekatan psikoterapi al-Ghazālī menekankan pada integrasi terapi ilmu dan amal (bi al-qalb wa al-jawāriḥ). Selain itu, pendekatan terapi qur’ānī sangat kental dalam proses psikoterapi. Dengan dasar tersebut, penulis mencoba merumuskan tahapan psikoterapi sombong. Hasil tulisan ini dapat dijadikan dasar untuk merumuskan modul psikoterapi sombong dengan lebih terperinci. Secara praktis, beberapa temuan dapat dilakukan seperti terapi perenungan Qur’ānī untuk mencabut sifat sombong dari dalam diri.

References

al-‘Alwāni, R. T. (2004). Manhaj ibn Qayyim al-Jauziyah fī tazkiyah al-nafs. Qism Lughah al-‘Arabiyah wa al-Dirāsāt al-Islāmiyah Jāmi’ah al-Bahrain.

al-'Azīz, '. a.-D. (1995). Maqāsid al-ri'āyah li ḥuqūq Allāh 'azz wa jall aw Mukhtaṣar ri'āyah al-Muḥāsibī. Beirut: Dār al-Fikr.

al-Ghazālī, A. H. (n.d.). Iḥyā' 'Ulūm al-Dīn. al-Maktabah al-Shāmilah, V.3.28.

al-Qushairī. (n.d.). al-Risālah al-Qushairiyah. al-Maktabah al-Shāmilah, V.328.

al-Shaibānī, I. a.-D. (T.Th). Mukaffarāt al-dhunūb wa maujubāt al-jannah. T.Tp: al-Maktabah al-Shāmilah.

al-Wahhāb, M. i. (1420H). al-Kabā’ir. Riyāḍ: Wizārah al-Shu’ūn al-Islāmiyah wa al-Da‘wah wa al-Irshād.

Böhmer, M. (2016). Does psychiatry need religion and spirituality in its treatment approach? Narcissism as an example. South African Journal of Psychiatry, 22(1).

Burgess, J. W. (1992). Neurocognitive impairment in dramatic personalities: Histrionic, narcissistic, borderline, and antisocial disorders. Psychiatry Research, 42 (3), 283-290.

Bushman, B. J. (2009). Looking again, and harder, for a link between low self-esteem and aggression. Journal of Personality, 77(2), 427-446.

Ghāzī Shabhī. (T.Th). al-Qur’ān Manhāj al-ḥayāh. T.Tp: al-Maktabah al-Shāmilah, V.3.28.

Gokaru, S. U., Ali, A., & Matzin. (2016). Diseases and remedies of al-kibr in the light of Uthman bin Foduye’s Shifa’ al-Nufus. Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia, 1(1), 67-80.

Ibn 'Abd Allāh, S. (T.Th). Naḍrah al-na'īm fī makārim akhlāq al-Rasūl al-karīm. Jedah: Dār al-Wasīlah.

Parvez, H. (2014). Understanding the psychology of an arrogant person. Retrieved Mei 30, 2017, from PsycMechanic: http://www.psychmechanics.com/2014/10/personality-traits-arrogance.html

Pincus, A. L., Cain, N. M., & Wright, A. G. (2014). Narcissistic grandiosity and narcissistic vulnerability in psychotherapy. American Psychological Association.

Riyādh, S. (2008). Mausū’ah ‘Ilm al-Nafs wa al-‘Ilāj al-Nafsī. Kairo: : Dār Ibn al-Jauzī.

Rochman, K. L. (2009). Terapi penyakit hati menurut Ibn Taimiyah dalam perspektif bimbingan konseling Islam. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 3(2), 195-221.

Spiritual Science Research Foundation. (2012). Spiritual causes unhappiness. Spiritual Science Research Foundation.

Stoeber, J., Sherry, S. B., & Nealis, L. J. (2015). Multidimensional perfectionism and narcissism: grandiose or vulnerable? Personality and Individual Differences, 80, 85–90.

Turner, D. (2015). Everything and nothing: spiritual intersubjectivity as a counterpoint to transpersonal narcissism. Journal of Critical Psychology, Counselling and Psychotherapy, 2, 83-85.

Downloads

Published

18-02-2025