Pengaruh Rasa Cemas terhadap Hasil Ujian Online Selama Pjj pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Angkatan 2020/2021 Serta Tinjauannya Menurut Islam

Penulis

  • Nabila Ghufraeni Rona Raharjo
  • Eko Purwanto
  • Firman Arifandi

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i1.3788

Abstrak

Saat ini, salah satu sumber kekhawatiran utama adalah pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Untuk mengatasi penyebaran virus corona, pemerintah Indonesia telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satu cara yang digunakan dalam pendidikan adalah pembelajaran jarak jauh secara online, melalui perangkat gawai atau laptop dengan berbagai portal dan aplikasi pembelajaran online. Namun, perubahan metode ini bersamaan dengan peningkatan beban tugas berpotensi memengaruhi kesejahteraan psikologis mahasiswa. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya tingkat kecemasan pada mahasiswa selama pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasa cemas terhadap hasil ujian online selama PJJ pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2020/2021. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan metode cross sectional pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2020 dan 2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 91 orang mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui google form menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stres Scales (DASS-42) yang berjumlah 14 pertanyaan berisi 5 skala, yakni: normal (skor 0-7), serta kuisioner mengenai hasil IPK. Analsisis data dengan univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan mahasiswa FK Universitas YASRI 2020/2021 mayoritas berada pada tingkat kecemasan sangat berat yakni sebanyak 39 orang (4.3%) dan rata-rata nilai ujian online saat PJJ sebagian besar sangat memuaskan. Terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan hasil ujian online saat PJJ pada mahasiswa FK Universitas YASRI 2020-2021 (p=0.005<0.05). Menurut pandangan islam, dalam menempuh kehidupan selalu terdapat problema dan dilema yang akan selalu menghadang perjalanan. Maka dari itu, diperlukan ketenangan jiwa untuk menghadapinya

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi no. 18 tahun 2018 mengenai Standar Nasional Pendidikan Kedokteran

Riezky, A.K. and Sitompul, A.Z., 2017. Hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas abulyatama. Jurnal Aceh Medika, 1(2), pp.79-86.

Novaldy, R. Oktaria, D. and Warganegara, E., 2019. Hubungan antara Learning Approach dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. MEDULA, medicalprofession journal of lampung university, 9(1), pp.134-139.

Demak, I.P.K., Muharam, D.N. and Salman, M., 2019. Hubungan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Blok Dengan Nilai Ujian Mahasiswa Kedokteran Tahun Kedua Universitas Tadulako. Molucca Medica, pp.11-17.

Christianto, L.P., Kristiani, R., Franztius, D.N., Santoso, S.D. and Ardani, A., 2020. Kecemasan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 3(1), pp.67-82.

Apriliana, AS., 2014. Hubungan Kecemasan Sebelum Ujian Akhir Blok Enam Terhadap Nilai Ujian Akhir Blok Enam Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Jember Angkatan 2007. Digital Repository Universitas Jember.

PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB dalam rangka percepatan penaganan Covid-19

Kementrian Kesehatan RI. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Revisi ke- 5. Jakarta.

Kartika, R., 2020. Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres Pada Mahasiswa Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.

Hasanah, Ludiana., Immawati,. and PH, L., 2020. Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), pp.299-306.

Boenga NurCita, 2020. Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Dan Physical Distancing Pada Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Journal of Borneo Holistic Health, Volume 3 No. 1 Juni 2020 hal 58-68

Erika untari dewi, 2020. Pengaruh kecemasan saat pembelajaran daring masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar mahasiswa stikes william surabaya. Jurnal keperawatan stikes wiliam booth vol.1 (2020): jurnal keperawatan

Chandratika, D. & Purnawati, S. 2014." Gangguan cemas pada mahasiswa semester I dan VII Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana". eJurnal Medika Udayana, 403414.

Iin Patimah, 2015. Pengaruh Relaksasi Dzikir terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisa. Jurnal Keperawatan Padjadjaran Volume 3 Nomor 1 April 2015

Elfrida V. B. Dede, 2022. Implementasi Hamilton Anxiety Rating Scale Untuk Mendiagnosis Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi. J-ICON, Vol. 10 No. 1, Maret 2022, pp. 55-64

Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Sri Nurdaniati, 2022. Hubungan antara kecemasan menghadapi ujian dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 2 Nomor 1, Maret 2022

Widigda, I. R., & Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 190-199.

Diterbitkan

2023-10-11

Terbitan

Bagian

Articles