Pengaruh Kombinasi Senam Hamil dan Senam Kegel Terhadap Lama Persalinan Kala II Pada Primigravida Di Wilayah Kerja Puskesamas Karang Pule Tahun 2017

Authors

  • opiani aprianti
  • Irmayani Irmayani

https://doi.org/10.33476/jky.v26i2.417

Abstract

Senam hamil merupakan salah satu kegiatan dalam pelayanan kesehatan selama kehamilan yang memberikan out come yang lebih baik dan onset persalinan yang lebih awal dan lama persalinan yang lebih singkat dibandingkan pada ibu hamil yang tidak melakukan senam hamil. Senam kegel juga berfokus pada otot pubococsigea di area perianal yaitu dengan otot dasar panggul kuat, maka pada proses persalinan dapat mempercepat proses pendorongan bayi, sehingga dapat membantu proses persalinan dan mempercepat, serta mencegah terjadinya kala II lama yang dapat menyebabkan komplikasi pada ibu. Berdasarkan data di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Pule diperoleh ibu yang melakukan senam hamil sebanyak 60 orang, 85% dengan persalinan normal dan 15% mengalami komplikasi. Komplikasi persalinan berupa kejadian partus lama yaitu 3,33%. Data tentang ibu hamil yang melakukan senam kegel dan hasil persalinan belum ada, karena belum pernah dilaksanakan.

Untuk mengetahui pengaruh kombinasi senam hamil dan senam kegel terhadap lama persalinan kala II pada primigravida.

Penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan Posttest-only group design with nonequivalent groups. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil trimester III primigravida di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Pule yaitu 36 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan analisis Univariat yaitu mean rank tiap variabel. Analisis Bivariat dalam penelitian ini menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) dengan menguji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney.

Menunjukkan rata-rata lama persalinan kala II pada kelompok senam kombinasi (senam hamil dan senam kegel) yaitu 12,56 menit dan rata-rata lama persalinan kala II pada kelompok senam yaitu 14,27 menit. Hasil uji statistik p value =0,616 atau p lebih besar dari a=0,05.

Tidak ada pengaruh yang signifikan rata-rata lama persalinan kala II antara kelompok senam kombinasi (senam hamil dan senam kegel) dengan kelompok senam hamil pada primigravida di wilayah kerja Puskesmas Karang Pule tahun 2017

References

Agur W, Steggles P, Waterfied M, Freeman R 2008. Does antenatal pelvic floor muscle training affect the outcome of labor? A randomized controlled trial. Int Urogynecol J Pelvic Floor Dysfunct. 2008;19(1):85-8.

Anik Maryuni, Yetty Sukaryati 2011. Senam Hamil, Senam Nifas Dan Terapi Musik. CV Trans Info Media. Jakarta.

Azizah Y 2011. Hubungan Keteraturansenam Hamil Dengan Lamanya Proses Persalinan. Surabaya : Pustaka Pelajar.

Azza Ali Abd El Hamid, Hanan Fahmy Azzam, Gehan Moustafa Ismail, Hasan Mostofa Gaafar 2012. Effect o Structured Antenatal Kegel exercise Protocol on Labor Progres among Women attending Antenatal Clinics. Lecturer of Obstetrics & Gynecology, Faculty of Medicine, Cairo University. Egyptian nursing journal, Vol (3), No (2), ISSN, 2090-6021.

DinKes NTB 2012. Profil Kesehatan Nusa Tenggara Barat. NTB

Gyuton and Hall 2007. Fisiologi Kedokteran. Edisi ke 11. EGC. Jakarta. Indonesia.

Hendramin Aulia, Siti Hindun 2010. Pengaruh Senam Hamil Terhadap Proses Persalinan Normal Di Klinik YK Mandira Palembang. Jurnal Kedokteran & Kesehatan. Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Palembang. JKK, Th.42 No.1 Januari 2010.

Ida 2012. Senam Hamil. Didapat dari http://www.mediabangsa.com/home/112-kehamilan/572-senam hamil.pdf. tanggal akses 30 November 2013.

Ignatio Rika haryono, dkk. 2010. Perbedaan Durasi Partus Kala II Antara Primigravida Yang Melakukan Dan Yang Tidak Melakukan Senam Hamil. Damianus Journal Of Medicine : Vol.9 No.1 Februari 2010: hlm 1-5.

Izzatul yazidah, Sribin hasibuan 2010. Hubungan senam hamil terhadap lama persalinan kala II pada wanita primigravida di RSKIA Sadewa Yogyakarta. Yogyakarta. JKKI, VOL.2 NO.6, JULI 2010.

Leticia A, Dias R, Driusso P, Daniella L, Aita C, Silvana M, Quintana C, Kari B, Cristine H, and Ferreira J 2011. Effect of pelvic floor muscle training on labour and newborn outcomes a randomized controlled trial. 15(6):487-93.

Profil Kesehatan Indonesia. 2014. Kasus Angka Kematian Ibu di NTB. NTB.

Rooplekha chauhan, bharti sahu, neetu singh, ritika malviya, priyadarshani tiwari 2016. Enhancing norml labour by adopting antenatal physiotherapy : a prospective study. International Journal of Reproduction, Contraception, Obstetrics and Gynecology Chauhan R et al. Int J Reprod Contracept Obstet Gynecol. 2016 Aug;5(8):2672-2676.

Siti Farida, Sunarti 2015. Senam Hamil Sebagai Upaya Mempelancar Proses persalinan Di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta. Skripsi Akademi Kebidanan Citra Medika, Surakarta.

Tika puspita, Eko mindarsih CH.M, Widhi hartini 2015. Hubungan frekuensi senam hamil dengan lama persalinan kala II di RS Rahmi Kota yogyakarta. Yogyakarta.

WHO 2014. Mortality and Demographic Data 2014. Ministry Of Health, World Health.

Published

2018-10-19

Issue

Section

Research Articles