Identifikasi Daging Tikus Pada Produk Baso Dengan Metode Sodium Dodecyl Sulphate Polyacrylamide Gel Electrophoresis (SDS-PAGE)

Authors

  • Anna P. Roswiem
  • Triayu Septiani Lembaga Penelitian Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jky.v26i2.394

Keywords:

Baso Tikus, Sodium Dodecyl Sulphate Polyacrylamide Gel Electrophoresis (SDS-PAGE), Pita Protein.

Abstract

Bahan baku untuk membuat baso adalah daging hewan, pada umumnya dari daging sapi, ayam, ikan dan babi. Di beberapa daerah di Indonesia terjadi kasus baso tikus. Tujuan penelitian ini adalah menguji ada tidaknya kandungan daging tikus pada produk baso yang dijual di pasar Cempaka Putih-Kecamatan Kramat Jakarta Pusat dan di pedagang baso atau mie baso di sekitar kampus Universitas YARSI Jakarta. Daging adalah protein salah satu metode untuk mengidentifikasi protein adalah metode Sodium Dodecyl Sulphate Polyacrylamide Gel Electrophoresis (SDS-PAGE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 sampel baso terindikasi ada 2 sampel baso dengan nomor 1 dan 5 yang dibuat dari campuran daging sapi dan tikus; ada 1 sampel baso dengan nomor 6 yang terbuat dari daging tikus; dan 2 sampel baso dengan nomor 2 dan 3 yang terbuat dari campuran sapi dan babi, dan hanya 1 sampel baso dengan nomor sampel 4 yang benar-benar terbuat dari daging sapi.

References

Boyer RF 1993. Modern Experimental Biochemistry. California. The Benjamin / Cumnings PCE. Page 25.

Davis L et al., 1994. Basic Methods : Molecular Biology. Norwegia. Appletn & Lange. Page 68.

Laemmli UK 1970. Cleavage and structural protein during the assembly of head of bacteriophage T4. Nature. 227:680 – 685

Nur MA, Adijuwana H, Kosasih 1992. Tehnik Laboratorium. Bogor. Pusat Antar Universitas-Ilmu Hayati. Institut Pertanian Bogor.

Purnama G 2008. Identifikasi Protein Daging Babi Pada Produk Daging Olahan Dengan Teknik Elektroforesis [Skripsi]. Bogor. Institut Pertanian Bogor

Sulistiyani, Biki RS, Andrianto D 2017. Protein Characterization of javan cobra (Naja sputatrix) venon following sun exposure and photo oxidation treatment. IOP Conf Series Earth and Enviromental Science 58 : 1-8.

Downloads

Published

2018-10-19

Issue

Section

Research Articles