Fibrosarkoma Prostat; Sebuah Laporan Kasus

Authors

  • Al Ichsan YARSI University

https://doi.org/10.33476/jky.v29i3.2877

Keywords:

fibrosarkoma, sarkoma, tumor ganas, kasus langka, prostat

Abstract

Fibrosarkoma prostat merupakan tumor yang sangat jarang dan agresif dengan jumlah kasus kurang dari 0,1% dari seluruh keganasan prostat primer. Dari jumlah tersebut, kasus terbanyak adalah leiomyosarkoma. Penelitian selama 30 tahun di rumah sakit Kanada menyebutkan dari 384 kasus keganasan prostat yang ditemukan, hanya dua kasus merupakan fibrosarkoma. Di Indonesia, belum ada data pasti untuk kasus ini. Dilaporkan kasus, seorang pria usia 45 tahun datang dengan keluhan sulit buang air kecil sejak beberapa bulan terakhir. Kadar PSA pasien ini 3,5 ng/ml. Diagnosa fibrosarkoma ditegakkan berdasarkan pengecatan rutin H&E serta dikonfirmasi dengan pemeriksaan panel imunohistokimia, karakteristik gambaran mikroskopisnya adalah sel bentuk spindel sampai oval, kromatin kasar, mitosis atipik banyak ditemukan, dengan pola “herring-bone”. Hasil pemeriksaan imunohistokimia, negatif untuk SMA, Desmin, S100 dan CD34. Sarkoma prostat merupakan tumor yang sangat agresif dengan pilihan terapi terbatas dan berpotensi untuk metastasis. Rata-rata harapan hidup kurang dari satu tahun, dengan diagnosis awal dan penanganan eksisi lengkap serta batas bebas tumor maka harapan hidup pasien meningkat.

References

Goldblum J.R., Andrew L.F., Weiss S.W. 2014. Adult-Type Fibrosarcoma; in Soft Tissue Tumors, 6th ed. Philadelphia: Elsevier, 310-6.

John N.E., Guido S., et.al. 2004. Mesenchymal Tumours Prostate; in Pathology and Genetics of Tumours of the Urinary System and Male Genital Organs. WHO. Lyon: IARCPress, 209-11.

Ming Z., George N., Jonathan E. 2012. Prostatic Stromal Sarcoma; in Uropathology: High-Yield Pathology. Philadelphia: Elsevier, 97-8.

Mooyoung S., Taekmin K., et.al. 2014. Histologic Variability and Diverse Oncologic Outcomes of Prostate Sarcomas. In: Korean Journal of Urology. Vol.55. Seoul, 797-801.

Seng M., Siminovitch M. 1947. Sarcoma of the Prostate: A Case Reports. In: Department of Urology, Royal Victoria Hospital. Vol.56. Montreal, 425-7.

Published

2022-12-02

Issue

Section

Research Articles