Kepuasan pasien terhadap pelayanan tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara Tahun 2009

Authors

  • Helwiah Umniyati Faculty of Medicine, YARSI UNIVERSITY, Jakarta

https://doi.org/10.33476/jky.v18i1.175

Keywords:

Pusat Kesehatan Masyarakat, Kepuasan pasien

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu dari Puskesmas dapat diukur salah satunya dengan mengetahui kepuasan pasien terhadap layanan. Bagi Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok kepuasan pasien merupakan hal yang sangat penting, mengingat visi Puskesmas ini adalah menjadikan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok sebagai unit pelayan kesehatan prima, merata dan terjangkau oleh masyarakat demi mendukung pencapaian derajat kesehatan yang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja pelayanan kesehatan terhadap masyarakat khususnya di balai pengobatan dengan mengukur tingkat kepuasaan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian survei, untuk melihat gambaran kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok yang dilaksanakan pada Mei – Juli 2009. Populasi pada penelitian adalah pasien rawat jalan di Balai pengobatan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. Tingkat kepuasan pasien diukur berdasarkan metode servqual dan diagram kartesius dengan melakukan wawancara pada 63 pasien di balai pengobatan umum. Masing-masing pernyataan diberi skor dengan menggunakan skala likert 1-5. Pada penelitian ini dihasilkan sebagian besar responden merasa puas terhadap pelayanan tenaga kesehatan di balai pengobatan umum Puskesmas Tanjung Priok (71,4%). Dimensi bukti fisik (tangible) memiliki persentasi kepuasan yang tertinggi sebesar 84,12% sedangkan persentase kepuasan terendah yaitu pada dimensi jaminan (assurance) sebesar 65,07%. Kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter lebih tinggi dari pada kepuasaan terhadap perawat 76,19% vs 65,07%. Puskesmas Tanjung Priok perlu mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah ada. Beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan untuk lebih ditingkatkan misalnya saja kehadiran petugas yang tepat waktu, mempunyai waktu yang cukup untuk berkomunikasi dengan pasien, menanggapi keluhan dengan baik, serta memberikan informasi dengan jelas.

References

Azwar A 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Budiarso AW 1993. Pemasaran Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Rumah Sakit No.2 Vol I, Jakarta

Departemen Kesehatan RI 1999. Undang-undang Nomor 23 Tentang kesehatan. Jakarta.

Jacobalis S 1989. Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta.

Kotler P 2000. Marketing Management. (Edisi Indonesia oleh Hendra Teguh, Ronny dan Benjamin Molan). PT Indeks: Jakarta.

Lupiyoadi R 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Parasuraman A, Valarie A, Zeithaml 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal o f Retailing 64 (Spring): 12-37

Supardi S, Handayani RS, Notosiswoyo M 2008. Faktorfaktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap di Puskesmas. Buletin Penelitian Kesehatan Volume 36 No.4.

Supranto J 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta

Tjiptono F 2005. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing

Wijono Dj 1999. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Vol I. Airlangga Press. Surabaya

Downloads

Published

2010-03-27

Issue

Section

Research Articles