Perbandingan Kualitas Tidur Mahasiswa Pre-Klinik dan Klinik selama Sistem Pembelajaran Daring

Authors

  • Salsabil Almas Khairana YARSI University
  • Asyifa Nurani YARSI University
  • Bagus Dian Pranata YARSI University
  • Nabila Nur Fidiyah YARSI University
  • Siti Hartina Rahmawati YARSI University
  • Y Yusnita YARSI University

https://doi.org/10.33476/jky.v29i1.1450

Keywords:

Kualitas Tidur, Mahasiswa, Pembelajaran Daring

Abstract

Tidur merupakan hal yang esensial bagi manusia. Kualitas tidur mempengaruhi aspek fisiologis dan psikologis seseorang. Mahasiswa kedokteran sangat rentan mengalami kualitas tidur yang buruk karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Tugas yang diberikan bergantung pada tingkatan mahasiswa, yaitu pre-klinik dan klinik. Di era pandemi, mahasiswa dituntut untuk menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan kualitas tidur mahasiswa pre-klinik dan mahasiswa klinik Fakultas Kedokteran selama sistem pembelajaran daring. Desain penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan metode purposive sampling. Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.  Teknik pengambilan sampel menggunakan metode consecutive sampling sejumlah 98 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Uji statistik menggunakan chi-square. Mayoritas mahasiswa memiliki kualitas tidur yang buruk.  Terdapat 32 mahasiswa pre-klinik (71,1%) dan 42 mahasiswa klinik (79,2 %) dengan kualitas tidur yang buruk. Hasil uji chi-square menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara kualitas tidur mahasiswa pre-klinik dengan kualitas tidur mahasiswa klinik (p=0,486). Maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan kualitas tidur antara mahasiswa pre-klinik dan mahasiswa klinik Fakultas Kedokteran Universitas YARSI.

Author Biographies

Salsabil Almas Khairana, YARSI University

Medical student

Asyifa Nurani, YARSI University

Medical student

Bagus Dian Pranata, YARSI University

Medical student

Nabila Nur Fidiyah, YARSI University

Medical student

Siti Hartina Rahmawati, YARSI University

Medical student

Y Yusnita, YARSI University

Departemen ilmu kesehatan masyarakat

References

Ali A, Majeed MB, Saba K, Bodenarain A, Bukhari MH. Effects of different sleeping patterns on academic performance in medical school students. Natural Science. 2013;05(11):1193-1198.

Bararah, V. 2010. Kurang tidur malam tak bisa diganti siang hari. Stylesheet: http://health.detik.com/read/2 010/05/01/170516/1349324/776 6/kurang- tidur-malam-tak- bisa-diganti-siang- hari?d883301heal, diakses 17 Agustus 2020 pukul 19:10.

Bukit, EK. 2005. Kualitas tidur dan faktor- faktor gangguan tidur klien lanjut usia yang dirawat inap di ruang penyakit dalam rumah sakit, medan 2003. Jurnal Keperawatan Indonesia. Volume 9, Issue 2; 41- 47.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. 2020. The psychological impact of the Covid- 19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, Issue 11, 29-34.

Choi, B. Jegatheeswaran, L. Minocha, A. et al. 2020. The impact of the COVID-19 pandemic on final year medical students in the United Kingdom: a national survey. BMC Medical Education. Issue 20, page 206.

Christina, R.B., Julian, R.A., Dolores, O.Z. 2020. Sleep Pattern Changes in nursing Students during the COVID-19 Lockdown. International Journal of Environmental Research and Public Health, Volume 17 ; 1-11.

Daroedono, E., Siagian, F.E., Alfarabi, M. et al. 2020. The impact of COVID- 19 on medical education: our students perception on the practice of long distance learning. International Journal of Community Medicine and Public Health, Volume 7:2790-2796.

Fallon, K., Wearn, A., Boopatkar, H. 2019. Sleep quality in Medical students-A New Zealand perspective. University of Auckland New Zealand Journal, 127:56-27.

Gaultney. 2010. The prevalence of sleep disorders in college students: Impact on academic perfomance. Journal of American College Health. USA: Taylor & Farncis Inc.

Hardisman. 2010. Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Pada Kepaniteraan Klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Majalah Kedokteran Andalas, Volume 34, Issue 1.

Hermawati, dkk. 2010. Hubungan antara kualitas tidur dengan indeks prestasi mahasiswa reguler FIK UI. Riset. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Indrawati, N. 2012. Perbandingan Kualitas Tidur Mahasiswa yang mengikuti UKM dan Tidak mengikuti UKM pada Mahasiswa Reguler FIK UI. Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan. Universitas Indonesia.

Livana, PH. 2020. “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19”. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, Volume 3, Issue 2: 203-208.

Makkiyah, F., Harfiani, E,. Anisah. 2019. Pengaruh Jenis Kelamin Dalam Variasi Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Kedokteran Di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jurnal Profesi Medika, Volume 13, Nomer 1.

Rahmawati, A. 2012. Perbedaan Derajat Depresi antara Mahasiswa Kedokteran Pre-Klinik dengan Klinik di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2012. Studi kedokteran. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Rose, S. 2020. Medical student Education in the Time of COVID-19. Journal American Medical Association, Volume 323, Issue 21.

Rukmini, E. Puspadewi, N. 2016. Implementasi dan Evaluasi Modul Pembelajaran Ilmu Pendidikan Kedokteran Untuk Mahasiswa Kedokteran Tahap Pre-klinik. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, Volume 5, Issue 1.

Sulaiman, D. 2017. Empati Mahasiswa Kedokteran Pre-klinik dan Koas di Jakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas YARSI, Jakarta.

Sutrisno, R., Faisal, Huda, F. 2017. Perbandingan Kualitas Tidur Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Cahaya Lampu Saat Tidur. JSK, Volume 3, Nomor 2.

Teixeira L, Lowden A, Luz AA, Turte SL, Moreno CR, Valente D, et al. 2013. Exposure to bright light during evening class hours increases alertness among working college students. Sleep Med, Volume 14, Issue 1:91-7.

Shahrvini, B., Baxter S.L., Coffey, C.S. et al. 2020. Pre-Clinical Remote Undergraduate Medical Education During the COVID-19 Pandemic: A Survey Study. Research Square Journal, 1-39.

Valero, J.J., Selva, J.M, Couto, B.R. 2016. Age and gender effects on the prevalence of poor sleep quality in the adult population. Gac sanit Journal, Volume 12, Issue 94:1-5.

Widosari, Y. 2010. Perbedaan Derajat Kecemasan dan Depresi Mahasiswa Kedokteran Pre-klinik dan Ko- asisten di FK UNS surakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Published

2022-10-10

Issue

Section

Research Articles