Pengaruh Promosi, Fokus Pada Konsumen, Dan Tata Kelola Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi (Penelitian Empiris Di Universitas Yarsi)
Abstract
Jumlah mahasiswa yang terdaftar di Universitas YARSI mengalami penurunan, upaya promosi seperti keikutsertaan Universitas YARSI dalam promosi dalam kampus (education fair) dan penyebaran informasi secara online melalui media sosial seperti facebook dan instagram masih belum mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel independen yang meliputi promosi, inovasi, tata kelola terhadap variabel dependen (kinerja pemasaran) dengan motivasi sebagai variabel intervening pada Unit Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas YARSI. Pengolahan data penelitian menggunakan program Smart PLS versi 3.0 untuk mengukur kekuatan setiap variabel penelitian dan model struktural serta menganalisis data hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi mempunyai pengaruh positif terhadap inovasi namun dampaknya kecil, orientasi konsumen mempunyai pengaruh positif terhadap inovasi, sedangkan tata kelola mempunyai pengaruh positif terhadap inovasi namun tata kelola mempunyai pengaruh yang signifikan. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi konsumen berpengaruh negatif dan kecil terhadap kinerja pemasaran, sedangkan tata kelola berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Inovasi memiliki dampak positif kecil terhadap kinerja pemasaran. Sebaliknya variabel intervening inovasi tidak berpengaruh pada variabel promosi, orientasi konsumen, dan tata kelola terhadap kinerja pemasaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Authors who publish with Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) agree to the following terms:
1. For all articles published in Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA), copyright is retained by the authors. Authors permit the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the publishing right's automatic transfer to the publisher.
3. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
4. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
5. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).