Pengaruh Promosi, Fokus Pada Konsumen, Dan Tata Kelola Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi (Penelitian Empiris Di Universitas Yarsi)

Authors

  • Munfaati Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jeba.v9i2.5592

Abstract

Jumlah mahasiswa yang terdaftar di Universitas YARSI mengalami penurunan, upaya promosi seperti keikutsertaan Universitas YARSI dalam promosi dalam kampus (education fair) dan penyebaran informasi secara online melalui media sosial seperti facebook dan instagram masih belum mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel independen yang meliputi promosi, inovasi, tata kelola terhadap variabel dependen (kinerja pemasaran) dengan motivasi sebagai variabel intervening pada Unit Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas YARSI. Pengolahan data penelitian menggunakan program Smart PLS versi 3.0 untuk mengukur kekuatan setiap variabel penelitian dan model struktural serta menganalisis data hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi mempunyai pengaruh positif terhadap inovasi namun dampaknya kecil, orientasi konsumen mempunyai pengaruh positif terhadap inovasi, sedangkan tata kelola mempunyai pengaruh positif terhadap inovasi namun tata kelola mempunyai pengaruh yang signifikan. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi konsumen berpengaruh negatif dan kecil terhadap kinerja pemasaran, sedangkan tata kelola berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Inovasi memiliki dampak positif kecil terhadap kinerja pemasaran. Sebaliknya variabel intervening inovasi tidak berpengaruh pada variabel promosi, orientasi konsumen, dan tata kelola terhadap kinerja pemasaran.

Author Biography

Munfaati, Universitas YARSI

Magister Manajemen

Downloads

Published

2025-07-01