Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus GoJek)
https://doi.org/10.33476/j.e.b.a.v6i2.2174
Keywords:
Orientasi pasar, Inovasi produk dan Stuctural Equation Modeling (SEM)Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing Jasa Transportasi Berbasis Aplikasi Gojek dengan metode data Stuctural Equation Modeling (SEM). Metode analisa data yang digunakan adalah Analisa skala Likert lima poin dari 1 sampai 5 peringkat menggunakan software Listrel 8.8. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Orientasi pasar diperoleh hasil output berupa t-value 3.34 dan lebih besar dari 1.96 dan inovasi produk diperoleh hasil output berupa t-value 5.01 dan lebih besar dari 1.96 berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar, inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran jasa transportasi gojek di Jakarta. Keunggulan Bersaing memiliki R2 sebesar 0.81 dan Kinerja Pemasaran memiliki R2 sebesar 0.62References
Abd Aziz, N. N., & Samad, S. (2016). Innovation and competitive advantage: Moderating effects of firm age in foods manufacturing SMEs in Malaysia. Procedia Economics and Finance, 35(2016), 256-266.
Afsharghasemi, A., Zain, M., Sambasivan, M., & Imm, S. N. S. (2013). Market orientation, government regulation, competitive advantage and internationalization of SMEs: A study in Malaysia. Journal of Business Administration Research, 2(2), 13.
Akhriandi. (2017). “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Motor Merk Honda”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar 17(1) 44-64.
Alexander Chursin & Yury Makarov (2015). Management of Competitiveness: Theory and Practice. Rusia: Springer, Cham
Andiyanto, F., Miyasto, M., & Sufian, S. (2017). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Aprizal, S. (2018). Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Penjualan Komputer.1 (2), Makasar: Celebes Media Perkasa.
Al-Quran, dan Terjemahnya. 2015. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia, Syaamil Quran
Arifuddin, M. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi. Seminar Nasional dan The 5th Call For Syariah Paper (SANCALL)
Aris, S. P., & Ika, Y. M. (2018). Analisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran pada kampung batik laweyan solo. (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).
Aziah, Ayu dan Adawia, Popon Rabia. (2018) ”Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia)” Volume 18 No. 2 September 2018P-ISSN 1411-8629, E-ISSN: 2579-3314.
Darmanto. (2015). Keterkaitan Antar Dimensi Orientasi Strategi dan Kinerja Pemasaran. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi St. Pignatelli, Surakarta.
Dewi,Sensi Tribuana (2006)“Analisis Pengaruh Orientasi Paar dan Inovasi Produk Terhdapa Keunggulan bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan)” Magister Manajemen Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro
Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3) 1214-1224.
Fauziah, Yuyun Nurul. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk untuk meningkatkan kinerja pemsaran melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi (Studi Pada UKM Batik Surabaya). Jurnal ilmiah mahasiswa FEB, Vol (8) No 2.
Fitrio, G.S., interview. (2016). Interview of Orientasi Pasar, Inovasi, dan Persaingan Pasar Speedometer Custom. SPD Speedometer Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.
Ghozali, Imam (2014). Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 22.0. Cetakan VI. BP Undip.
Hamidu et. al, (2019). Jasa transportasi online (studi komparatif pengambilan keputusan mahasiswa pengguna gojek dan grab pada fakultas ekonomi universitas negeri Makassar). (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The influence of market orientation and product innovation on the competitive advantage and its implication toward Small and Medium Enterprises (UKM) performance. International Journal of Science and Engineering Invention. 4(08).
Herlina, herlina (2018), Implementasi Rumus Sobel Pada Web Dengan Topik Regresi Linier Menggunakan Variable Intervening Implementation Of Sobel Formulas On The Web With Linier Regression Using Intervening Variables. Teknik Informatika / Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia.
Jonson, L. P., & Magdalena, M. (2020). Effect of Market Orientation, Orientation Of Technology And Innovation Of Products To The Advantages Of Competitive Pizza Hut. STIE KBP A. Yani, Padang.
K. Douglas Hoffman, John E.G. Bateson 2010 “Services Marketing: Concepts, Strategies, & Cases”. Ohio : South Western Cengage Learning. ISBN-13: 978-1439039397.
Lake, Y., & Ratna, K. (2019).The Effect Of Enterpreneurship Orientation on Competitive Advantage Is Mediated By Innovation and Market Orientation (Eviedence On Woven Fabric UKM Kupang/NTT). 19(16).
Liliyani, R. (2015). Pengaruh Oreintasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Kompetitif UMK Batik pada Koperasi Batik Budi Tresna Desa TRusmi Kulon Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Manueke, M., Tampi, G. B., & Londa, V. (2018). Persepsi Masyarakat Tentang Jasa Transportasi Berbasis Aplikasi Online Di Kota Manado (Studi Kasus Di PT. Go-Jek). Jurnal Administrasi Publik, 4(51).
Marlizar, M., Harahap, T. H., Alda, M. F., & Marwiadi, M. (2020). The Role of Market Orientation and Creativity in Affecting the Marketing Performance of Market Traders in Aceh Market Banda Aceh City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1114-1127.
Maryati, S. (2010). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Industri Kecil Kerupuk Terung Di Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Mahadewi dan Budi Suprapto, (2014) “Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap kinerja Café di Yogyakarta. Program Pascasarjana, Program Studi Magister, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Merakati, I., Rusdarti, R., & Wahyono, W. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal Of Economic Education, 6(2), 114-123.
Paulus, A. L., & Murdapa, P. S. (2018). Pemanfaatan teori resource-based view pada ritel minimarket: implikasinya terhadap strategi dan keunggulan bersaing. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 16(2), 215-224.
Primyastanto, M. (2016). Evapro (Evaluasi Proyek) Teori dan Aplikasi pada Usaha Pemasaran Ikan Sidat. Malang: UB Media.
Purnamasari, H. R. (2016). Market Orientation: Urgensi dan Peranannya Dalam Meningkatkan Performance UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia. Arthavidya, 18(1).
Purnomo, M., Karneli, O., & Febrian, A. F. (2017). Entrepreneurial Marketing: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 57-62.
Purwasari, M. M. N., & Suprapto, B. (2012). Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Cafe di Yogyakarta. Jurnal Studi Manajemen, 2(1), 20-30.
Puspasari, E. L., & Rahardjo, S. T. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Dukungan Partner Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Industri Makanan Dan Minuman Skala Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 225-232.
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Riswanda, A. (2019). Dampak Keberadaan Trasnportasi Online Terhadap Pendapatan Transportasi Konvensional (Studi Kasus Penarik Becak Di Banda Aceh) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Said, J., Alam, M., Zulkarnain, N., & Nik Abdullah, N. H. (2016). “Entrepreneurial Orientation for Sustainable Competitive Advantage and Risk Management: Evidence from Government-Linked Companies in Malaysia”. NHN, 6529-6544.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Method for Business. United Kingdom: John Wiley and Sons Ltd.
Setiawan, B. (2012). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Perusahaan Industri Makanan Ringan Mekar Jaya Bandung. UNIKOM, Bandung.
Sismanto Adi et. al. (2020). Pengaruh Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar, Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran. Program Studi Magister Manajemen. UNDIP: Semarang
Suendro, G. (2010). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus Pada Industri Kecil Dan Menengah Batik Pekalongan) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Sugiyarti, G. (2015). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk (Studi Empiris Pada Industry Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang). Serat Acitya, 4(2), 110.
Sulistyo, H., & Ayuni, S. (2020). Competitive advantages of SMEs: The roles of innovation capability, entrepreneurial orientation, and social capital. Contaduría y Administración, 65(1), 156.
Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global . Jakarta: Prenamedia Group.
Teofilus, S. K. S., Sutrisno, T. F., & Kurniawan, A. (2020). Analyzing Entrepreneurial Marketing on Innovative Performance.” Vol 10(1). Universitas Airlangga.
Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi dan Manajemen, 31(2)
Vian Abdul Fatah, A. (2013). Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap keunggulan Bersaing (Survey pada UKM Batik Deden Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia)
Wachjuni, W. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kualitas Laayanan terhadap Kinerja Pemasaran dalam Upaya Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 2(1), 1-23.
Wazuriawati, W., & Harris, I. (2020). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Advokasi Pelanggan Dalam Memilih Sekolah (Studi Pada SMA Maitreyawira Batam). Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 5(1), 62-78.
Widarti Dyah Tri (2011). Pengaruh Oriemtasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen). Universitas Negeri Semarang. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Wulandari, W., Sari, R. N., & Al Azhar, L. (2017). Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi, 21(3), 462-479.
Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Orgabisasu, Orientasi Pasar Dan Inovasi Prosuk terhadap Kinerja Pemsaran. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS), Vol 1 No. 1
Zaman, Ikhasn Badruz. (2017) “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhdapa Keunggulan Bersaing (Pada Kasus Produk UMKM SPD Speedometer Yogyakarta)”.Universitas Negeri Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Authors who publish with Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) agree to the following terms:
1. For all articles published in Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA), copyright is retained by the authors. Authors permit the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the publishing right's automatic transfer to the publisher.
3. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
4. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
5. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).