PERILAKU INFORMASI REMAJA TERHADAP VIRAL CHALLENGE DI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Elfitri Kurnia Erza Universitas YARSI
  • Rosini Rosini Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/bibliotech.v3i1.895

Abstract

Remaja dan media sosial seperti tidak bisa dipisahkan. Adanya tantangan viral sering dilakukan para remaja dan diunggah ke media sosial mereka. Penelitian ini membahas mengenai perilaku informasi remaja terhadap informasi mengenai tantangan yang sedang viral di media sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang pernal melakukan tantangan yang sedang viral di facebook dan Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana perilaku informasi remaja dalam menerima informasi mengenai tantangan yang sedang viral di media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif untuk melihat gambaran kemudian ditarik kesimpulan secara umum. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa para remaja mendapatkan informasi mengenai tantangan viral dari halaman utama media sosial mereka, kemudian jika mereka tertarik terhadap satu tantangan akan dilakukan penggalian informasi mengenai siapa saja yang sudah melakukan, dan bagaimana cara melakukan tantangan tersebut. Lebih dari setengah responden menyatakan tidak mengikuti tantangan yang membahayakan diri mereka, namun mereka mengikuti beberapa tantangan yang akan menganggu kesehatan mereka.

References

Dailysocial.id. (2015). Penggunaan media sosia di Indonesia mulai tersegmentasi berdasarkan kebutuhan. Available from https://dailysocial.id/post/penggunaan-media-sosial-di-indonesia-mulai-tersegmentasi-berdasarkan-kebutuhan (25 April 2017)

detikHealth.com. (2017). Aneka tantangan di medsos ini bisa bikin remaja celaka. Available from https://health.detik.com/read/2017/03/03/090230/3437005/763/2/aneka-tantangan-di-medsos-ini-bisa-bikin-remaja-celaka (25 April 2017)

Fisher, K.E. (2005) Theories of Information Behavior. ASIST: New Jersey

Greifeneder, E. (2014) ‘Trends in information behaviour research’, Proceedings of ISIC: the information behaviour conference, vol.19, no.4, December 2014, akses 15 Maret 2017 http://www.informationr.net/ir/19-4/isic/isic13.html#.WMs6ZaKwrIU

Kaplan, A.M & Haenlein, M. (2010). ‘Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media’ Business Horizons, vol (53) pp. 59-68. Available from https://www.slideshare.net/Twittercrisis/kaplan-and-haenlein-2010-social-media (25 April 2017

Kementerian Kesehatan. (2014) Kesehatan Remaja. Available from http://www.depkes.go.id/dpwnoad.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin%20reproduksi%20remaja-ed.pdf (24 April 2017)

Kompas.com (2016). Pengguna internet Indonesia mencapai 132 Juta. Available from http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta. (25 April 2017)

United Nation. (2011). Definiton of youth. Available from http://www.unhabitat.org/pmss/listItemDetails.aspx?publicationID=3393 (25 April 2017)

Published

2018-06-30

How to Cite

Erza, E. K., & Rosini, R. (2018). PERILAKU INFORMASI REMAJA TERHADAP VIRAL CHALLENGE DI MEDIA SOSIAL. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v3i1.895

Issue

Section

Articles