PROSES KURASI DIGITAL MUSIK DAN FILM PERPUSTAKAAN BATU API

Authors

  • Evi Nursanti Rukmana Program Studi Ilmu Perpustakaan, Univ Padjajaran
  • Pawit M Yusup Program Studi Ilmu Perpustakaan, Univ Padjajaran
  • Ninis Agustini Damayani Program Studi Ilmu Perpustakaan, Univ Padjajaran

https://doi.org/10.33476/bibliotech.v2i1.867

Abstract

Masyarakat Indonesia aktif berkarya di bidang kesenian yang didokumentasikan dalam pelbagai bahan, misalnya pada bahan piringan hitam, pita kaset dan compact disc (CD). Namun, ketiga bahan ini mulai kurang digunakan seiring pesatnya penggunaan bahan digital. Agar data bahan elektronik dapat dimanfaatkan kembali maka perlu diadakan kurasi digital. Perpustakaan Batu Api merupakan salah satu perpustakaan yang telah melakukan kurasi digital sejak tahun 2003 hingga 2010. Hal ini yang menjadikan Perpustakaan Batu Api memiliki koleksi musik dan film dari Indonesia bahkan luar Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses kurasi digital Perpustakaan Batu Api menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Hasil dan Pembahasan: Penulis menganalisis proses curation digital dalam 5 tahap. Pertama, kriteria pemilihan subjek dan menemukan bahan. Kedua, konsep kurasi digital. Ketiga, klasifikasi dan katalog. Keempat, interaksi pengguna). Kelima, perawatan. Kelima proses kurasi digital ini ditunjang kemampuan pemilik perpustakaan dalam memberikan literasi musik dan film pada anggota perpustakaan. Kesimpulan: Proses kurasi digital di Perpustakaan Batu Api merupakan bentuk pemeliharaan budaya. Perpustakaan ini dapat membuat website khusus agar hasil kurasi digital musik dan film dapat digunakan oleh anggota perpustakaan.

 

 

Kata kunci: Proses kurasi digital, Perpustakaan Batu Api, pemeliharaan budaya.

References

Adler, Mortimer J.; Doren, C. Van. (1986). Cara Membaca Buku dan Memahaminya. Jakarta: Pantja Simpati.

Amelia. (2015). Klasifikasi dan Katalog. Sumedang.

Constantopoulos, P. et al. (2009). DCC&U: An Extended Digital Curation Lifecycle Model. Journal of The International Journal of Digital Curation, 4(1), 39–40. Retrieved from http://www.ijdc.net/.

Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Geografi Indonesia (2016). Indonesia.

Rukmana, E. N. (2016). Diseminasi Informasi di Perpustakaan Batu Api. Universitas Padjadjaran.

Solihin, A. (2016). Interaksi Pengguna. Sumedang.

Solihin, A. (2016). Klasifikasi dan Katalog. Sumedang.

Solihin, A. (2016). Kriteria pemilihan subjek dan penemuan bahan. Sumedang.

Downloads

Published

2019-06-25

How to Cite

Rukmana, E. N., Yusup, P. M., & Damayani, N. A. (2019). PROSES KURASI DIGITAL MUSIK DAN FILM PERPUSTAKAAN BATU API. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v2i1.867

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)