NARRATIVE LITERATURE REVIEW PELAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL KACAPURi PROVINSI KEPULAUAN RIAU SAAT COVID-19

Authors

  • Raja Hamizah Rahmadhini Putri Universitas Padjadjaran
  • Sukaesih Sukaesih Universitas Padjadjaran
  • Evi Nursanti Rukmana Universitas Padjadjaran
  • Samson CMS Universitas Padjadjaran

https://doi.org/10.33476/bibliotech.v5i2.1622

Abstract

Perpustakaan digital membantu masyarakat mengakses informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu saat masa Covid-19. Perpustakaan Digital KACAPURi menyediakan informasi digital yang memudahkan masyarakat mengakses koleksi secara leluasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Perpustakaan Digital KACAPURi Provinsi Kepulauan Riau saat Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui narrative literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Digital KACAPURi memiliki beberapa fitur, antara lain koleksi buku, ePustaka, Feed, Rak Buku, dan eReader. Buku elektronik berjumlah ribuan judul yang dapat dipinjam dan dibaca secara online. ePustaka ialah fitur untuk bergabung menjadi anggota perpustakaan digital KECAPURI secara gratis. Fitur feed memudahkan pengguna melihat aktivitas pengguna lain dan berbagi koleksi. Fitur rak buku berisi riwayat peminjaman buku pengguna. Fitur eReader memudahkan pengguna membaca ebook di KACAPURI yang memberikan kebebasan pada pengguna untuk mengganti latar belakang warna halaman ebook, melihat daftar isi, mengganti jenis dan tipe huruf, mengatur besar dan kecil ukuran huruf, memberi tanda pembatas halaman, mengkutip atau mengkopi beberapa kata untuk posting sosial media, memudahkan mencarikan kalimat, dan membuat catatan. Perpustakaan Digital KACAPURi membantu masyarakat saat Covid-19 mengakses informasi dan membagikan koleksi secara terbuka.

 

References

Bara, A. K. B. (2009). Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan. Jurnal Iqra’ Volume 03 No.01 May, 2009, 03(01), 9–17.

Dwijati, S. (2006). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS JASA LAYANAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN. Buletin Perpustakaan Universitas Airlangga, 1(2), 16–20.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Lestari, A. D., Sukaesih, Rukmana, E. N., & Rohman, A. S. (2021). Perpustakaan digital sebagai alternatif utama dalam memberikan layanan pada masa pandemi di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung. Al-Kuttab: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.24952/ktb.v3i1.3071

Machi, L. A., & McEvoy, B. T. (2022). The literature review: Six steps to success. Sage Publication Inc.

Mukharom, M., & Aravik, H. (2020). Kebijakan Nabi Muhammad SAW Menangani Wabah Penyakit Menular dan Implementasinya dalam Konteks Menanggulangi Corona Virus Covid 19. Salam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7 (3), 239–246.

Mungkasa, O. (2020). Bekerja Jarak Jauh (Telecommuting): Konsep, Penerapan dan Pembelajaran. Bappenas Working Papers, 3(1), 1–32.

Nugraha, F. (2014). Analisa dan perancangan sistem informasi perpustakaan. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan ITP, 3(1), 102–109.

Nurhalimah, S. (2020). Covid-19 dan Hak Masyarakat atas Kesehatan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15324

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA SEBAGAI STRATEGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SAAT PANDEMI COVID-19 CHILD EDUCATION IN THE FAMILY AS AN EARLY CHILDHOOD. 7(1), 41–51.

Ramadhan, M. R., & Irawati, I. (2020). Layanan referensi virtual Digital Library Center Metro TV Selama Work From Home. Bibliotech: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(1), 9–26. https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/bibliotech/article/view/1291/1043

Restanti, A. S. (2015). Layanan Referensi Virtual: Sebuah Strategi Jasa Layanan Referensi di Perpustakaan. Visi Pustaka, 17(1), 3–10.

Suharso, Putut, Imaniar Putri Arifiyana, & M. D. W. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 271–286. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.271-286

Sukaesih. (2022). Perubahan paradigma perpustakaan.

Supriyanto, W. (2015). Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan Digital. Libraria Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4 (1).

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 59–70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290

Wicaksono, A. (2018). Layanan Referensi Virtual: Studi Kualitatif atas Enam Website Perpustakaan Umum Provinsi di Pulau Jawa. V Media Pustakawab, 25(3), 11.

Wintolo, H., & Farhati, A. (2020). Pembagian jaringan komputer menggunakan virtual local area network guna mendukung perpustakaan digital. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(2), 133–150. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i2

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 227–238.

Published

2022-12-28

How to Cite

Putri, R. H. R., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & CMS, S. (2022). NARRATIVE LITERATURE REVIEW PELAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL KACAPURi PROVINSI KEPULAUAN RIAU SAAT COVID-19. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2). https://doi.org/10.33476/bibliotech.v5i2.1622

Issue

Section

Articles