Peranan Mindfulness Terhadap Stres Akademis Pada Mahasiswa Tahun Pertama
https://doi.org/10.24854/jps.v5i1.494
Abstract
Transisi ketika individu menjadi mahasiswa tahun pertama membutuhkan adaptasi tersendiri. Individu harus melakukan penyesuaian terhadap suasana kompetitif yang berpotensi membuat individu stress selama tahun pertama perkuliahan, pengalaman mendapat tekanan dari orang tua maupun teman kelompok, dan lingkungan sosial. Stres yang dialami dalam kehidupan kampus disebut sebagai stres akademis. Banyak faktor yang dapat mengatasi stres akademis pada mahasiswa tahun pertama, salah satunya adalah mindfulness. Mindfulness merupakan kehadiran kesadaran yang melekat dan melibatkan pengalaman dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat peranan mindfulness terhadap  stres akademis pada mahasiswa tahun pertama. Subjek penelitian berjumlah 82 orang mahasiswa tahun pertama. Alat ukur yang digunakan adalah Mindful Attention Awareness Scale (MAAS) dari Brown dan Ryan (2003) untuk mengukur mindfulness dan Student-Life Stres Inventory (SLSI) dari Gadzella (1994) untuk mengukur stres akademis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mindfulness berperan menurunkan stres akademis khususnya pada dimensi stressor akademis. Mindfulness dapat memprediksi 13,9% dari dimensi stressor akademis (R2 = 0,139, F = 12,936, Ï = 0,001). Setiap satu kenaikan skor mindfulness menyebabkan penurunan -0,308 pada skor stresor akademis.Downloads
Published
31-01-2018
How to Cite
Hidayat, O., & Fourianalistyawati, E. (2018). Peranan Mindfulness Terhadap Stres Akademis Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikogenesis, 5(1). https://doi.org/10.24854/jps.v5i1.494
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).