Hubungan Antara Self-Compassion dan Gaya Hidup Sehat Pada Mahasiswa

Authors

  • Sekar Rizki Nabila Universitas YARSI
  • Zulfa Febriani

https://doi.org/10.24854/jps.v10i2.2860

Keywords:

Self-compassion, Gaya Hidup Sehat, Mahasiswa

Abstract

Mahasiswa saat ini memiliki beberapa masalah dalam menerapkan gaya hidup sehat seperti tingkat asupan gizi yang kurang baik, aktifitas fisik yang rendah, mudah stres. Mahasiswa perlu menerapkan gaya hidup sehat agar memperoleh kesehatan tubuh dan mental yang optimal. Salah satu faktor untuk meningkatkan gaya hidup sehat adalah self-compassion  karena self-compassion mengacu pada cara sehat yang berhubungan langsung dengan  dirinya  sendiri. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara self-compassion dan gaya hidup sehat pada mahasiswa serta mengetahui tinjauannya dalam Islam. Partisipan adalah 170 mahasiswa berdomisili di kota-kota besar di Indonesia yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian dengan uji kolerasi spearman menunjukan bahwa self-compassion berkorelasi positif dan signifikan dengan gaya hidup sehat pada dimensi hubungan interpersonal, pertumbuhan spiritual, dan manajemen stres, dan tidak berkorelasi dengan dimensi nutrisi, tanggung jawab kesehatan dan aktivitas fisik.. Keterbatasan pada penelitian ini adalah perlu upaya promosi kesehatan dengan meningkatkan rasa self-compassion mahasiswa baik melalui praktisi maupun akademisi, serta edukasi kesehatan secara holistik.

References

Alfiah & Zalyana. (2011). Hadis Tarbawi, Yogyakarta: Nusa Media Yogyakarta.

Allen, A., & Leary, M. R. (2010). Self-compassion, stress, and coping. Social and Personality Psychology Compass, 4(2), 107-118.

Amalia, S. N. dan L. (2012). Pengetahuan Gizi , Aktivitas Fisik dan Tingkat Kecukupan Gizi. Jurnal Gizi Dan Pangan, 7(3), 151–156.

Andi Sani, S. (2021). Perilaku Berisiko Terhadap Kesehatan Pada Mahasiswa IKM Angkatan 2018 Universitas Negeri Manado Tahun 2020. Kampurui Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(2), 75-83.

Angkawijaya, Y. F. (2017). Peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan moral bangsa (Studi kasus peran konsep diri terhadap karakter mulia pada mahasiswa di Universitas X Surabaya). Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 4(1), 36-42.

Arimitsu, K. (2014). Development and validation of the Japanese version of the self-compassion scale. Japanese Journal of Psychology.

Asiyah, S. N. (2013). Psikologi kesehatan. 71.

Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diperoleh pada tanggal 05 Mei 2021.

Birnie, K., Speca, M., & Carlson, L. E. (2010). Exploring self-compassion and empathy in the context of mindfulness-based stress reduction (MBSR). Stress and Health: Journal of the International Society for the Investigation of Stress, 26(5), 359-371. doi: 10.1002/smi.1305

Braun, T. D., Park, C. L., & Gorin, A. (2016). Self-compassion, body image, and disordered eating: A review of the literature. Body Image, 17, 117–131. doi:10.1016/j.bodyim.2016.03.003

Brown, R. C. (2013). Moral responsibility for (un) healthy behaviour. Journal of Medical Ethics, 39(11), 695-698.

Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51-58.

Chairunnisa, A., & Fourianalistyawati, E. (2019). Peran self-compassion dan spiritualitas terhadap depresi pada ibu hamil. Jurnal Psikologi Ulayat, 6(1), 14-36.

Chishima, Y., Mizuno, M., Sugawara, D., & Miyagawa, Y. (2018). The influence of self-compassion on cognitive appraisals and coping with stressful events. Mindfulness, 9(6), 1907–1915. https:// doi.org/10.1007/s1267-018-0933-0.

Crocker, J., & Canevello, A. (2008). Creating and undermining social support in communal relationships: The role of compassionate and self-image goals. Journal of Personality and Social Psychology, 95, 555-575. Diperoleh pada tanggal 18 Juni 2022 dari

Crocker, J., & Canevello, A. (2008). Creating and undermining social support in communal relationships: The role of compassionate and self-image goals. Journal of Personality and Social Psychology, 95, 555-575.

Darmawan, A. A. K. N. (2015). Kecamatan Denpasar Barat. Jurnal Dunia Kesehatan, 5(2), 29–39.

Darmawanti, I. (2012). Hubungan antara tingkat religiusitas dengan kemampuan dalam mengatasi stres (coping stress). Jurnal psikologi teori dan terapan, 2(2), 102-107.

de Souza, L. K., & Hutz, C. S. (2016). Adaptation of the self-compassion scale for use in Brazil: evidences of construct validity. Temas em Psicologia, 24(1), 159-172.

Deniz, M., Kesici, ?., & Sümer, A. S. (2008). The validity and reliability of the Turkish version of the Self-Compassion Scale. Social Behavior and Personality: an international journal, 36(9), 1151-1160.

Derose, K. P., Han, B., Williamson, S., & Cohen, D. A. (2018). Gender disparities in park use and physical activity among residents of high-poverty neighborhoods in Los Angeles. Women's Health Issues, 28(1), 6-13.

Dewi, N., Maemunah, N., & Putri, R. M. (2020). Gambaran Asupan Nutrisi Dimasa Pandemi Pada Mahasiswa. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(3), 369-382.

DI MASA, G. H. S. R. (2021). Pandemi: Bagaimana peran keluarga?. Tinjauan pandemi Covid-19 dalam psikologi perkembangan, 125.

Education, V. C. (2020). Kebiasaan berperilaku hidup sehat dan nilai-nilai pendidikan karakter.

Eureka, A. N. (2019). Pengaruh tingkat aktivitas fisik terhadap tingkat stress pada mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta tahun 2019 (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta).

Eynel Andjani, K. (2015). Studi Deskriptif Self-compassion Terapis Applied Behavior Analysis (ABA) Di Pusat Terapi Our Dream (Doctoral dissertation).

Ferreira, C., Pinto-Gouveia, J., & Duarte, C. (2013). Self-compassion in the face of shame and body image dissatisfaction: Implications for eating disorders. Eating behaviors, 14(2), 207-210.

Firdaus, A., Zubaidi, A., & Sapputri, A. (2021). Berdamai dengan diri sendiri, kapan ini dilakukan?. Adelina, F., Rahayu, P., Kamal, S., Nurramadan, W., & Hadi, C. (2017). Belas kasih diri (Self-Compassion) dan Pengorbanan (Altruism) pada Suku Tengger.

Firdaus, M. L. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Aktivitas Fisik Siswa SMP Negeri 1 Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Fitrahanefi, M. N. (2014). Hubungan karakteristik mahasiswa, pengetahuan, dan sikap terhadap perilaku gaya hidup sehat Mahasiswa S1 Reguler aktif Universitas Indonesia Tahun 2014. Universitas Indonesia: Skripsi.

Fitri, R., Asniar, A., & Jannah, S. R. (2021). Determinan Gaya Hidup Sehat Remaja Boarding School dan Non Boarding School. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 282-294.

Frannanda, H. I., Hasanuddin, W. S., & Hayati, Y. (2018). Hedonisme Dalam Novel Metropop Cewek Matre Karya Alberthiene Endah. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 103-113.

Friis, A. M., Consedine, N. S., & Johnson, M. H. (2015). Does kindness matter? Diabetes, depression, and self-compassion: Aselective review and research agenda. (Report).Diabetes Spectrum,28(4), Diperoleh pada tanggal 20 April 2021 dari 252–257. doi:10.2337/diaspect.28.4.252

Gatari, A. (2020). Hubungan stres skademik dengan flow akademik pada mahasiswa. Cognicia, 8(1), 79-89.

Gedik, Z. (2019). Self-compassion and health-promoting lifestyle behaviors in college students. Psychology, health & medicine, 24(1), 108-114.

Germer, C. K. (2009). The Mindful Path to Self-Compassion: Freeing Your self from Destructive Thoughts and Emotions. New York: The Guilford Press

Ghorbani, N., Watson, P.J. Chen, Z, Norballa, F. (2012). Self-Compassion in Iranian Muslims: Relationships With Integrative Self-Knowledge, Mental Health, and Religious Orientation. International Journal for the Psychology of Religion, 22(2), 106-118. DOI: 10.1080/10508619.2011.638601.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP. Diperoleh pada tanggal 21 Mei 2021.

Gratia, A. A., & Septiani, A. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Sehat Terhadap Psychological Well-being Dan Dampaknya Pada Auditor KAP (Studi Empiris pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah Dan DIY) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Hadi, F. K. (2020). Aktivitas olahraga bersepeda masyarakat di Kabupaten Malang pada masa pandemi COVID-19. Sport Science and Education Journal, 1(2).

Hasanah, U. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Healthy Lifestyle Melalui Program Literasi Hidup Sehat. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 24-34.

Hendra, A., Heryanti, B. R., & Perdani, A. L. (2020). Gambaran tngkat depresi, kecemasan dan stress pada mahasiswa junior Keperawatan di Indonesia. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 6(2), 95-100.

Henriques, G. (2014). The college student mental health crisis. Psychology Today.

Heriani, I., Hamid, A., Megasari, I. D., & Munajah, M. (2020). Konsep kesehatan lingkungan dalam hukum kesehatan dan perspektif hukum islam. Prosiding Penelitian Dosen UNISKA MAB.

Hidayat, D. (2011). Permasalahan mahasiswa. Kopertis.

Holden, C. L., Rollins, P., & Gonzalez, M. (2020). Does how you treat yourself affect your health? The relationship between health-promoting behaviors and self-compassion among a community sample. Journal of health psychology, 1359105320912448.

Hornstein, G. A., & Truesdell, S. E. (1988). Development of intimate conversation in close relationships. Journal of Social and Clinical Psychology, 7(1), 49-64.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 2(1), 73-80.

Junaedi, A. (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3).

Kadarsih, R. (2009). Teori penetrasi sosial dan hubungan interpersonal. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(1), 53-66.

Kamali, A. S. M. A., Sadeghi, R., Tol, A., & Yaseri, M. (2016). Reliability and validity of Kurdish language version of health promoting lifestyle profile II among Kurdish healthcare providers Kurdish version of HPLP-II. Archives of Iranian medicine, 19(12), 0-0.

Karinda, F. B. (2020). Belas Kasih Diri (Self-compassion) pada Mahasiswa. Cognicia, 8(2), 234-252.

Kavari, K. (2005). Ciri-ciri Kecerdasan Spiritual dalam Diri Manusia. Bandung: Mizan.

kavariKhan, N., Ahmad, N., Abdullah, A. A., & Nubli, M. Mental and spiritual relaxation by recitation of the holy Quran. Second International Conference on Computer Research and Development. http://dx.doi/org/10.1109/ICCRD.2010. 62. 2010.

Khomeini, I. (2002). Sistem Pemerintahan Islam. Zahra Publishing House.

Lestari, (2019). Pentingnya menjaga kesehatan. Impindonesia.

Listyandini, R. A., & Akmal, S. A. (2015). Hubungan antara kekuatan karakter dan resiliensi pada mahasiswa. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Psikologi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.

Lu, C., Stolk, R. P., Sauer, P. J. J., Sijtsma, A., Wiersma, R., Huang, G., & Corpeleijn, E. (2017). Factors of physical activity among Chinese children and adolescents: a systematic review. The International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 14(1), 36. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0486-y

Yarnell, L. M., Stafford, R. E., Neff, K. D., Reilly, E. D., Knox, M. C., & Mullarkey, M. (2015). Meta-analysis of gender differences in self-compassion. Self and identity, 14(5), 499-520.

Mahurin-Smith, J., & Beck, A. (2021). Caregivers' Experiences of Infant Feeding Problems: The Role of Self-Compassion and Stress Management. American Journal of Speech-Language Pathology, 30(4), 1856-1865.

Mawitjere, M. C., Amisi, M. D., & Sanggelorang, Y. (2021). Gambaran asupan zat gizi makro mahasiswa semester IV Fakultas Kesehatan masyarakat Universitas Sam Ratulangi saat pembatasan social masa pandemic covid-19. KESMAS, 10(2).

Minkler, M. (1999). Personal responsibility for health? A review of the arguments and the evidence at century’s end. Health Education & Behavior, 26(1), 121-141

Misra, R., & Castillo, L. G. (2004). Academic stress among college students: Comparison of American and international students. International Journal of stress management, 11(2), 132.

Mothes, H., Klaperski, S., Seelig, H., Schmidt, S., & Fuchs, R. (2014). Regular aerobic exercise increases dispositional mindfulness in men: A randomized controlled trial. Mental Health and Physical Activity, 7(2), 111-119. http://doi.org/10.1016/j.mhpa.2014.02.003

Neely, M. E., Schallert, D. L., Mohammed, S. S., Roberts, R. M., & Chen, Y. J. (2009). Self-kindness when facing stress: The role of self-compassion, goal regulation, and support in college students’ well-being. Motiv Emot, 33, 88-97.

Neff, K. D. (2003a). Self-compassion: an alternative conceptualization of a healthy attitude toward oneself. Self and Identity, 2, 85-101

Neff, K. D. (2003a).Development and validation of a scale to measure selfcompassion. Self and Identity, 2, 223–250.

Neff, K. D. (2003b). Self-compassion: An alternative conceptualization of a healthy attitude toward oneself. Self and Identity, 2, 85–102.

Neff, K. D. (2009). Self-Compassion. In M. R. Leary & R. H. Hoyle (Eds.), Handbook of Individual Differences in Social Behavior (pp. 561-573). New York: Guilford Press.

Neff, K. D. (2011). Self-compassion, self-esteem, and well-being. Social and Personality Psychology Compass, 5/1, 1–12.

Neff, K. D., & Beretvas, S. N. (2013). The role of self-compassion in romantic relationships. Self and identity, 12(1), 78-98.

Neff, K., & Knox, M. C. (2016). Self-compassion. Mindfulness in positive psychology: The science of meditation and wellbeing, 37, 1-8.

Neff, K.D., Pisitsungkagarm, K., & Hseih,Y. (2008). Self-compassion and selfconstrual in the United States, Thailand, and Taiwan. Journal of Cross-Cultural Psychology, 39(3), 267-285.

Pamelia, I. (2018). Perilaku konsumsi makanan cepat saji pada remaja dan dampaknya bagi kesehatan. IKESMA, 14(2), 144-153.

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2013). Human Development (Psikologi Perkembangan). Salemba humanika, 19. Diperoleh pada tanggal 21 April 2021

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56-63.

Pardede, J. A., Simanjuntak, G. V., Simamora, M., & Parapat, M. (2022). Self-Efficacy, Self-Compassion, and Dietary Compliance Of Diabetes Mellitus Patients. Tour Health Journal, 1(1), 14-24.

Phillips, W. J., & Hine, D. W. (2019). Self-compassion, physical health, and health behaviour: a meta-analysis. Health psychology review, 1-27.

Purba, J. P. (tanpa tahun) Sistem Pendidikan Jasmani Dan Olahraga China.

Puspita, R. W. (2009). Gaya hidup pada mahasiswa penderita hipertensi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahayu, D. D. (2020). Analisis Pencapaian Tugas perkembangan Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Rahimi-Ardabili, H., Reynolds, R., Vartanian, L. R., McLeod, L. V. D., & Zwar, N. (2018). A systematic review of the efficacyofinterventions that aim to increase self-compassion on nutrition habits, eating behaviours, body weight and bodyimage.Mindfulness,9(2), 388–400. Diperoleh pada tanggal 20 April 2021 dari doi:10.1007/s12671-017-0804-0

Rahmatullah, A. S. (2017). Konsepsi Pendidikan Kasih Sayang dan Kontribusinya terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(1), 29-52.

Ratnasari, A. (2008). Komunikasi Kesehatan: Penyebaran Informasi Gaya Hidup Sehat. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 1-12.

Reyes, D. (2012). Self-Compassion: A Concept Analysis. Journal of Holistic Nursing, 30(2), 81-89. Diperoleh pada tanggal 20 April 2021 dari https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0898010111423421

Rosidati, C. (2014). Hubungan Penerapan Pedoman Gizi Seimbang dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarata.

Sabrian, F. (2015). Hubungan Gaya Hidup dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan Universitas Riau (Doctoral dissertation, Riau University). Diperoleh pada tanggal 22 Februari 2022 dari

Sejati, S. (2016). Perkembangan Spiritual Remaja dalam Perspektif Ahli. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 1(1).

Sejati, S. (2016). Perkembangan Spiritual Remaja dalam Perspektif Ahli. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 1(1).

Serly, V., Sofian, A., & Ernalia, Y. (2015). Hubungan body image, asupan energi dan aktivitas fisik dengan status gizi pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Riau Angkatan 2014 (Doctoral dissertation, Riau University).

Siswati, F.N.R.H. (2017). Hubungan antara self-compassion dan efikasi diri pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Jurnal Mediapsi, 3, (2), 22-28

Soviyati, E., & Nurjannah, S. (2019). Hubungan Pengetahuan Makanan Cepat Saji (Fast Food) Dengan Kejadian Dismenorhoe Pada Siswi Kelas VII Di SMPN 2 Jalaksana Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan Tahun 2018. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(1), 28-33.

Sugianto, D., Suwartono, C., & Sutanto, SH (2020). Reliabilitas dan validitas skala belas kasihan versi Bahasa Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat: Jurnal Psikologi Pribumi Indonesia , 7 (2), 177-191.

Suharno, A. (2008). Memahami Diri Sendiri Untuk Membangun Rasa Percaya Diri Dengan Cepat Dalam Berbagai Situasi. Majalah lontar, 22(1 April).

Suranadi, L. (2012). Manajemen stres mahasiswa baru. Jurnal Kesehatan Prima, 6(2), 942-947.

Suswanti, I. (2013). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Makanan Cepat Saji pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2012.

Sutanto, S., & Tanmas, J. (2020). Self-compassion Untuk Mahasiswa. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 766-771.

Terry, M. L., & Leary, M. R. (2011). Self-compassion, self-regulation, and health. Self and identity, 10(3), 352-362.

Triana, Y. (2020). Hubungan Self-compassion dengan subjective well-being pada Mahasiswa perantau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri sultan Syarif kasim Riau).

Umara, E. L. (2021). Pentingnya menjaga kesehatan di musim pandemi covid-19. Institut Ilmu Kesehatan Surya Mitra Husada

Wahyuningtiyas, E. P., Fasikhah, S. S., & Amalia, S. (2019). Hubungan manajemen stres dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1), 28-45.

Wahyuningsih, R., Candri, N. P. A., & Faridha, S. N. A. (2018). The Effect Of Nutrition Education And Gymnastics Creations Of Sasak (Rudat Dance) Against Weight Change, Bmi, And Lipid Profile To Overweight Students At Nutrition Department Of Politeknik Kesehatan Mataram. Jurnal Kesehatan Prima, 12(2), 124-133.

Walker, S. N., Sechrist, K. R., & Pender, N. J. (1987). The health-promoting lifestyle profile: development and psychometric characteristics. Nursing research.

Walker, S. N., Sechrist, K. R., & Pender, N. J. (1995). Health promotion model-instruments to measure health promoting lifestyle: Health-promoting lifestyle profile [HPLP II](Adult version).

Wibawa, N. A. K., & Widiasavitri, P. N. (2013). Hubungan antara gaya hidup sehat dengan tingkat stres siswa kelas xii sma negeri di Denpasar menjelang ujian nasional berdasarkan strategi coping stres. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 138-150.

Wong, M. Y. C., Chung, P. K., & Leung, K. M. (2021). The relationship between physical activity and self-compassion: a systematic review and meta-analysis. Mindfulness, 12(3), 547-563.

Wulandari, H. (2019). Peran Self-compassion dan Regulasi Emosi terhadap Stres pada Guru Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 yang Menjalani Pengobatan Rawat Jalan di Rsud Kabupaten Purbalingga (Doctoral dissertation, Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Studi Psikologi Universitas).

Wulandari, R., & Rahmi, A. (2018). Relasi Interpersonal dalam Psikologi Komunikasi. Islamic Communication Journal, 3(1), 56-73.

Yarnell, L. M., Stafford, R. E., Neff, K. D., Reilly, E. D., Knox, M. C., & Mullarkey, M. (2015). Meta-analysis of gender differences in self-compassion. Self and identity, 14(5), 499-520.

Ziveria, M. (2022). Kegiatan Penyuluhan 4 Sehat 5 Sempurna SD MI Amiroh Jakarta. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-4.

Zuama, S. N. (2014). Kemampuan mengelola stres akademik pada mahasiswa yang sedang skripsi angkatan 2009 Program Studi PG PAUD. Kreatif, 17(2).

Zuchairini, A. (2008). Human Relation Dalam Perspektif Islam. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 5(2), 189-200.

Downloads

Published

18-09-2023

How to Cite

Nabila, S. R., & Febriani, Z. (2023). Hubungan Antara Self-Compassion dan Gaya Hidup Sehat Pada Mahasiswa. Jurnal Psikogenesis, 10(2), 125–138. https://doi.org/10.24854/jps.v10i2.2860

Issue

Section

Articles