Dari Keyakinan Menjadi Intensi: Protokol Kesehatan dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Authors

https://doi.org/10.24854/jps.v10i1.2675

Keywords:

Health protocols, intentions, covid-19, theory of planned behavior

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi mahasiswa dalam melaksanakan protocol kesehatan selama pembelajaran tatap muka.  Penelitian ini terdiri dari 2 tahap yang disusun berdasarkan Theory of Planned Behavior (TPB) dan melibatkan sampel secara convenience.  Tahap pertama (tahap elisitasi keyakinan) menggunakan desain penelitian kualitatif pada 15 partisipan (rerata usia 21,9 tahun; SD= 1,98) dan bertujuan mengungkap keyakinan tentang manfaat melaksanakan protokol kesehatan, pihak-pihak yang memengaruhi partisipan dan kemampuan kendali dalam melaksanakan protokol kesehatan. Tahap kedua merupakan penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan 4 skala (Skala Sikap, Norma Subjektif, Kendali yang dipersepsikan dan Intensi) yang diberikan kepada 148 mahasiswa (rerata usia 20,5 tahun; SD=1,35) dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif dan kendali perilaku terhadap intensi untuk melaksanakan protokol kesehatan pada pembelajaran tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif dan kendali perilaku merupakan prediktor yang kuat dalam menentukan intensi untuk melaksanakan protokol kesehatan pada pembelajaran tatap muka. Faktor kendali perilaku memberikan kontribusi terbesar dibandingkan dengan sikap dan norma subjektif. Implikasi teoritis dan praktis penelitian ini terkait dengan proses yang kompleks dan dinamis pada perilaku sehat selama masa pandemi.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Orgnizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Ajzen, I. (2001). Nature and operation of attitudes. Annual Review of Psychology, 52(1), 27–58. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.27

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior (First Publ). Open University Press. McGraw-Hill Press.

Ajzen, I. (2012). Martin fishbein’s legacy: the reasoned action approach. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science, 640(1), 11–27. https://doi.org/10.1177/0002716211423363

Bellò, B., Mattana, V., & Loi, M. (2018). The power of peers. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 24(1), 214–233. https://doi.org/10.1108/IJEBR-07-2016-0205

Cameron, E. E., Joyce, K. M., Delaquis, C. P., Reynolds, K., Protudjer, J. L. P., & Roos, L. E. (2020). Maternal psychological distress & mental health service use during the COVID-19 pandemic. Journal of Affective Disorders, 276(May), 765–774. https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.07.081

Cromby, J. (2012). Beyond belief. Journal of Health Psychology, 17(7), 943–957. https://doi.org/10.1177/1359105312448866

de Leeuw, A., Valois, P., & Seixas, R. (2014). Understanding high school students’ attitude, social norm, perceived control and beliefs to develop educational interventions on sustainable development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 1200–1209. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.160

Ferreira, F. M. P. B., Brito, I. da S., & Santos, M. R. (2018). Health promotion programs in higher education: integrative review of the literature. Revista Brasileira de Enfermagem, 71(suppl 4), 1714–1723. Retrieved from http://www.scielo.br/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0034-71672018001001714&lng=en&nrm=iso&tlng=en%0Ahttp://www.scielo.br/scielo.php?script=sci_abstract&pid=S0034-71672018001001714&lng=en&nrm=iso&tlng=en

Fishbein, M. (2008). A reasoned action approach to health promotion. Medical Decision Making Decis Making, 28(6), 834–844. https://doi.org/10.1177/0272989x08326092

Fishbein, M., & Ajzen, I. (2010). Predicting and Changing Behavior : The Reasoned Action Approach. New York: Psychology Press Taylor & Francis Group.

Hakim, L. (2021). Survei Tingkat Kepatuhan Masyarakat Melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 Pasca Penyuluhan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1329–1345. Retrieved from https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4829%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Indah, M. F., Hartono, R., & Fadillah, A. (2021). Protokol Kesehatan Dalam Menghadapi New Normal Di Kampus. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas , 6(3), 398–406.

Lee, H. (2011). The role of descriptive norm within the theory of planned behavior in predicting Korean Americans’ exercise behavior. Psychological Reports, 109(1), 208–218. https://doi.org/10.2466/06.07.PR0.109.4.208-218

Mulyono, W. D. (2020). Respon mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. STEAM Engineering (Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering), 2(1), 23–30.

Rebar, A. L., Rhodes, R. E., & Gardner, B. (2019). How we are misinterpreting physical activity intention – behavior relations and what to do about it. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12966-019-0829-y

Susanti, E. N., & Suswandari. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UHAMKA di Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 3(2), 32–43. https://doi.org/10.22236/jppp.v3i2.6919

Teresa, M. T., Guss, C. D., & Boyd, L. (2021). Thriving during COVID-19: Predictors of psychological well-being and ways of coping. PLoS ONE, 16(3 March), 1–20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0248591

Thacker, J., Sturman, D., & Auton, J. (2021). Predictors of social distancing compliance in an Australian sample. Health Education Research, 36(6), 601–614. https://doi.org/10.1093/her/cyab035

van de Bongardt, D., Reitz, E., Sandfort, T., & Dekovi?, M. (2015). A Meta-Analysis of the Relations Between Three Types of Peer Norms and Adolescent Sexual Behavior. Personality and social psychology review : an official journal of the Society for Personality and Social Psychology, Inc (Vol. 19). https://doi.org/10.1177/1088868314544223

Wicke, P., & Bolognesi, M. M. (2020). Framing COVID-19: How we conceptualize and discuss the pandemic on Twitter. PLoS ONE, 15(9 October), 1–24. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0240010

Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(2), 100–115. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5340

Yazdanpanah, B., Safari, M., Bahreini, F., Vafaei, F., Salari, M., Yosefi, M., … Yazdanpanah, B. (2017). Health Companion Project: A community-based participatory research model for health promotion in Iran. Action Research, 1–21. https://doi.org/10.1177/1476750316678914

Downloads

Published

09-02-2023

How to Cite

Widyarini, N., & Salma, A. (2023). Dari Keyakinan Menjadi Intensi: Protokol Kesehatan dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Psikogenesis, 10(1), 64–75. https://doi.org/10.24854/jps.v10i1.2675

Issue

Section

Articles