Acceptance & Commitment Therapy (ACT) Kelompok untuk Meningkatkan Self-esteem pada Mahasiswa yang Mengalami Adiksi Media Sosial

Authors

  • Fina Dwi Putri Universitas Indonesia
  • Fivi Nurwianti Universitas Indonesia

https://doi.org/10.24854/jps.v8i1.1262

Keywords:

acceptance and commitment therapy, self-esteem, social media addiction

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektivitas acceptance and commitment therapy kelompok dalam membantu meningkatkan self-esteem individu yang mengalami adiksi media sosial. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental one-group, pre-test and post-test design dan diikuti oleh lima partisipan yang merupakan mahasiswa/i berusia 19 – 21 tahun. Kelima partisipan memiliki skor self-esteem yang cenderung rendah berdasarkan alat ukur Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES), mengalami adiksi media sosial yang diukur dengan Bergen Social Media Addiction Scale (BSMAS) dan penerimaan diri yang rendah diukur berdasarkan Acceptance and Action Questionnaire-II (AAQ-II). Intervensi yang dilakukan terdiri dari empat sesi dengan durasi sekitar dua jam per sesi. Sesi follow-up dilakukan satu minggu setelah empat sesi selesai dilakukan untuk melihat efek setelah intervensi diberikan. Data kualitatif didapatkan menggunakan wawancara tidak terstruktur sebelum, selama, dan sesudah intervensi diberikan. Data kuantitatif dianalisa menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil menunjukkan bahwa intervensi berhasil secara signifikan meningkatkan perilaku penerimaan dan komitmen diri pada partisipan (Z = -2.023; p = 0.043) yang diikuti dengan meningkatnya self-esteem pada diri partisipan (Z = 2.060; p = 0.039; r = 0.65). Tingginya nilai effect size (r ? 0.50) menunjukkan bahwa intervensi ACT berpotensi meningkatkan self-esteem. Selain itu, tingkat adiksi media sosial yang dimiliki partisipan juga mengalami penurunan meskipun tidak signifikan.

References

Andreassen, C. S. & Pallesen, S. (2014). Social network site addiction-an overview. Current Pharmaceutical Design, 20, 4053–4061.

Andreassen, C. S., Pallesen, S., and Griffiths, M. D. 2016. The relationship between addictive use of social media, narcissism, and self-esteem: findings from a large national survey. Addictive Behaviour. 64, pp. 287-293.

Andreassen, C. S., Torsheim, T., Brunborg, G. S., & Pallesen, S. (2012). Development of a Facebook addiction scale. Psychological reports, 110(2), 501-517.

Bond, F. W., Hayes, S. C., Baer, R. A., Guenole, N., Waltz, T., Carpenter, K, M., Orcutt, H. K., & Zettle, R, D. (2011). Preliminary psychometric properties of the Acceptance and Action Questionnaire-II: A revised measure of psychological inflexibility and experiential avoidance. Behavior Therapy, Volume 42 (4), 676-688.

Eddins, R. (2014). Acceptance Commitment & Therapy in Group Practice. https://hgps.org/newsletter/acceptance-commitment-therapy-in-group-practice/.

Hayes, S. C., & Levin M. E., (2012). Acceptance for Addictive Behaviors: Applying Contextual CBT to Substance Abuse & Behavioral Addictions. New Harbinger Publication, Inc.

Hayes, S. C., Pistorello, J., & Levin, M. E., (2012). Acceptance and Commitment Therapy as a Unified Model of Behavior Change Psychology. The Counseling Psychologist, 40(7), 976-1002.

Hou, Y., Xiong, D., Jiang, T., Song, L., & Wang, Q. (2019). Social media addiction: Its impact, mediation, and intervention. Cyberpsychology: Journal of Psychosocial Research on Cyberspace, 13(1), article 4.

Hutahaean, Bona S. H. (2012). Pelatihan untuk Peningkatan Self-Esteem pada Mahasiswa Universitas Indonesia yang Mengalami Distres Psikologi. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Kim, E. & Koh, E. (2018). Avoidant attachment and smartphone addiction in college students: the mediating effects of anxiety and self-esteem. Computer in Human Behavior, 84, 264-271.

Kirschner, P. A. & Karpinski, A. C. (2010). Facebook® and academic performance. Computers in Human Behavior, 26, 1237–1245.

Lin, L. Y., Sidani, J. E., Shensa, A., Radovic, A., Miller, E., Colditz, J. B., & Primack, B. A. (2016). Association between social media use and depression among US young adults. Depression and Anxiety, 33, 323–331.

Turrell, S. L., Bell, M. (2016). ACT for Adolescent. Canada: Raincoast Books

Young, K. S., & De Abreu, C. N. (Eds.). (2011). Internet Addicition A Handbook and Guide to Evaluation and Treatment. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Downloads

Published

09-07-2020

How to Cite

Putri, F. D., & Nurwianti, F. (2020). Acceptance & Commitment Therapy (ACT) Kelompok untuk Meningkatkan Self-esteem pada Mahasiswa yang Mengalami Adiksi Media Sosial. Jurnal Psikogenesis, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.24854/jps.v8i1.1262

Issue

Section

Articles