Pelatihan untuk Menumbuhkan Semangat Wirausaha untuk Meningkatkan Pendapatan Panti Asuhan Sakinah Depok

Authors

  • Indria Widyastuti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dwiyatmoko Puji Widodo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sugiarti Sugiarti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Atri Nodi Maiza Putra Universitas Bina Sarana Informatika
  • A’isyah Setyaningrum Universitas Bina Sarana Informatika
  • Siti Tasliah Universitas Bina Sarana Informatika

https://doi.org/10.33476/iac.v5i1.74

Keywords:

pelatihan, wirausaha, pendapatan

Abstract

Kegiatan pengelolaan panti asuhan tentu memerlukan dana. Dana santunan yang didapat baik dari donatur selama ini oleh Pengurus Panti Asuhan Sakinah Depok hanya sekedar digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional dari panti, tanpa ada pemikiran untuk memanfaatkan dana tersebut untuk membuat usaha. Untuk membentuk jiwa wirausaha tentu membutuhkan pengetahuan dan waktu yang cukup, sehingga pada akhirnya akan membangun sikap mental wirausahawan yang baik. Untuk itu beberapa dosen Prodi Akuntansi FEB Universitas Bina Sarana Informatika merencanakan untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan bagi pengurus Panti Asuhan Sakinah Depok. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah agar pengurus panti asuhan sakinah depok mampu memahami pentingnya pengetahuan kewirausahaan bagi perkembangan ekonomi panti agar bisa semakin mandiri dalam memenuhi segala kebutuhannya. Kegiatan ini juga diikuti oleh anak-anak panti di mana tujuan dari kegiatan pelatihan ini agar anak-anak yang ada di panti juga mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi yang dimiliki, serta anak-anak panti menyadari bahwa perlu adanya bekal diri untuk menghadapi perkembangan dunia usaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mubarok, Z., Hafidhuddin, D., Tanjung, H., & Tamam, A. M. (2018). Konsep Pendidikan Wirausaha bagi Anak Panti Asuhan dan Pengaruhnya terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Abdimas Ta’dibuna J Pendidik Islam, 7 (2), pp. 152-172. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i2.1359

Aqmala, D., Fitroh, S., & Febrianur, I. (2020). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Peningkatan Kreatifitas & Inovasi Diri Pada Anak-Anak Panti Asuhan Puti Siti Khadijah Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBB , 7 (1). https://mail.journal.ubb.ac.id/index.php/lppm/article/view/1967

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Sheperd, D. A. (2008). Kewirausahaan. Salemba Empat.

Sugiyarto, E. C. (2013). Gerakan Kewirausahaan Nasional Untuk Menyebar Virus Wirausaha. http://www.setkab.go.id/artike l-7434.html.

Adam, F., & Poernomo, E. (2017). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Pada Supermarket Bahan Bangunan Mitra 10 Surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 9(9), pp. 1689–1699.

Antoko, S. T., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). Perumusan Strategy Pemasaran berdasarkan Analysis SWOT Studi Kasus Pada PT. Aquafaram Nusantara Semarang. Journal of Management, 4 (4) http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/viewFile/1133/1105

Iskandar, K. (2011). Analisis Segmentasi dan Penetapan Pasar Sasaran Biro Perjalanan Umum Rosalia Indah Karanganyar. Salemba Empat.

Putra, S. A. (2019). Analisa Peramalan Penjualan dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Cakra Anugerah Arta Alumindo Medan. JUMANSI: Jurnal Manajemen dan Akutansi Medan, 1(3). https://doi.org/10.47709/jumansi.v1i3.2097

Mustofa, I. (2018). Analisis SWOT Sebagai Dasar Strategi Pengadaan Bahan Baku Kayu Sengon Laut (Studi pada UD. Duta Agung Jaya Purworejo Lumajang) [Undergraduate Thesis]. Repository Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang. http://repository.itbwigalumajang.ac.id/507/

Nurhayati, S. (2009, September 14-16). Analisis Strategis Sistem Teknologi Informasi dengan Pendekatan Analisis SWOT (Studi Kasus: Divisi IT Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung) [Paper Presentation]. 15th Seminar Nasional Informatika, Yogyakarta. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/917

Rahmawati, A., & Aulawi, H. (2020). Dampak Penerapan Segmentation, Targeting, Positioning PT Kimia Farma Pada Pasar Nasional. Jurnal Administrasi Kantor, 8(2), pp. 209–222. https://ejournal binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/1458

Rozi, A. F. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Pada Djawa Batik Solo Analysis Marketing Strategies on Djawa Batik Solo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), pp. 173–186. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1204/966

Iskandar, R. (2018). Pengertian Penjualan. Salemba Empat.

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles