Literasi Bencana Banjir dengan Kosakata Berbahasa Inggris dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran untuk Siswa-Siswi Sekolah Dasar
Keywords:
literasi bencana banjir, bahasa inggris, pembuatan jadwal pelajaranAbstract
Provinsi DKI Jakarta merupakan Ibu Kota Republik Indonesia yang memiliki permasalahan kebencanaan yang kompleks. Dengan luas 661,52 km2, 40% atau 24.000 hektar merupakan dataran rendah dengan ketinggian rata-rata di bawah permukaan air laut. Oleh karena itu, hampir setengah wilayah DKI Jakarta dapat dikatakan rentan akan bencana banjir. Sayangnya, sebagian besar masyarakat DKI Jakarta belum sepenuhnya teredukasi tentang bahaya banjir terutama anak-anak usia Sekolah Dasar. Salah satu upaya mitigasi bencana yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan daya literasi kebencanaan kepada anak-anak usia Sekolah Dasar. Di sisi lain, anak-anak pada masa usia sekolah dasar memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk menuangkan kreatifitas sejak usia dini. Salah satu hard skill yang diperlukan anak-anak di era milenial adalah penguasaan akan teknologi informasi, yang dapat dimulai dari pengoperasian komputer pribadi (personal computer). Untuk memacu kreatifitas dan menumbuhkan antusiasme terhadap penggunaan teknologi informasi, maka diperlukan suatu kegiatan pengenalan teknologi komputer sejak dini dengan muatan yang menarik minat anak-anak usia sekolah dasar. Atas dasar kondisi itu, maka diusulkan suatu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) yang berjudul “Literasi Bencana Banjir dengan Kosakata Berbahasa Inggris dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran bagi Siswa-siswi Sekolah Dasar” yang dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur. Hasil dari kegiatan PPM ini anak-anak mengenal dan mengasah kemampuan bahasa Inggris terutama dalam literasi bencana banjir, dan manfaat komputer terutama aplikasi Microsoft Word, untuk memenuhi kebutuhan mereka sebagai siswa-siswi sekolah dasar, dengan kreatifitas yang disalurkan dalam membuat jadwal pelajaran sekolah.Downloads
References
Badan Penanggulangan Bencana Daerah. (2023). Sejarah dan Latar Belakang BPBD DKI Jakarta. Badan Penanggulangan Bencana Daerah. https://bpbd.jakarta.go.id/page/2/latar-belakang
Findayani, A. (2015). Kesiap Siagaan Masyarakat dalam Penanggulangan Banjir di Kota Semarang. Jurnal Geografi : Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 12(1), 102–114. https://doi.org/10.15294/jg.v12i1.8019
Harputra, Y., Ramadhani, Y. R., & Sibuea, B. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Inggris melalui Metode Bercerita Indonesian Folk Tales bagi Siswa Sekolah Dasar. KALANDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 31–36. https://doi.org/10.55266/JURNALKALANDRA.V1I2.134 DOI: https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i2.134
Luthfianisa, N. N., DH, D. S., & Karmila, M. (2019). Analisis Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Kelompok A di TK Oasis Kids National Plus School Semarang. Seminar Nasional PAUD 2019, 68–73. https://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/436
Madcoms. (2016). Kupas tuntas microsoft word 2016. ANDI.
Nurani, Y., Hapidin, Wulandari, C., & Sutihat, E. (2022). Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5747–5756. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I6.2940 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2940
Handayaningsih, S. (2018). Bersahabat dengan Bencana Alam (Sulastri, Ed.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Prihantini, A., Rahmayanti, H., & Samadi. (2020). Literasi Mitigasi Bencana. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 1(01), 283–288. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/view/16895
Rahmaniah. (2023). Analisis Penyebab Bencana Alam Banjir yang Ada di Wilayah Indonesia. OSFPREPRINTS. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/GMPN4 DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/gmpn4
Taryana, A., Rifa, M., Mahmudi, E., & Bekti, H. (2022). Analisis Kesiapsiagaan Bencana Banjir di Jakarta. JANE - Jurnal Administrasi Negara, 13(2), 302–311. https://doi.org/10.24198/JANE.V13I2.37997 DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v13i2.37997
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fenti Sofiani, Didik Hariyadi Raharjo, Dyah Retno Utari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.