Pengaruh Konseling Pemberian Asi Eksklusif Terhadap Peningkatan Berat Badan Bayi Di Puskesmas Karang Pule Tahun 2017

Ni Putu Ayu Putri Astriyani

Abstract


Latar belakang : Puskesmas Karang Pule pada tahun 2014 dan 2015 memiliki penurunan pemberian ASI Eksklusif terlihat dari cakupan ASI Eksklusif dan termasuk paling rendah pertama di wilayah Puskesmas Se-Kota Mataram. Kurangnya pemberian ASI Eksklusif dari ibu ke bayi berpengaruh terhadap penurunan berat badan bayi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian konseling ASI Eksklusif terhadap peningkatan berat badan bayi di Puskesmas Karang Pule Tahun 2017.

Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre Eksperimental dengan pendekatan One Group Pretest – Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu menyusui  yang memiliki bayi berumur 1-5 bulan di Puskesmas Karang Pule pada saat penelitian berlangsung menggunakan purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen dalam penelitain ini adalah lembar balik, leaflet, lembar bantuan pengamatan menyusui dan formulir kajian riwayat menyusui menurut Gulo, 2010. Analisis data menggunakan analisis Univariat yaitu dengan mean dan median tiap variabel. Analisis Bivariat dalam penelitian ini menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) dengan menguji hipotesis menggunakan Uji T dependen (paired T test).

Hasil: Berat badan dari 30 bayi sebelum diberikan konseling 5.712 dan total peningkatan berat badan 30 bayi yaitu 0.889. Hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh konseling pemberian ASI Eksklusif terhadap peningkatan berat badan bayi pada taraf signifikan 5% dengan tingkat pengaruh nilai R (corelational) 0.901.

Kesimpulan : Dengan demikian dapat disimpulkan, ada pengaruh konseling pemberian ASI Eksklusif terhadap peningkatan berat badan bayi di Puskesmas Karang Pule tahun 2017.

Kata Kunci: Konseling ASI Eksklusif, Peningkatan Berat Badan Bayi


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 YARSI Medical Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

__________________________________________________________________________________________

Copyright of YARSI Medical Journal.

Powered by OJS.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial 4.0 International License.