Fungal Peritonitis Pada Pasien Dengan Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis

Authors

  • Tika Adilistya SMF Patologi Klinik RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan
  • Ina Susianti Timan Departemen Patologi Klinik RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo/ Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

https://doi.org/10.33476/jky.v24i2.261

Keywords:

fungal peritonitis, dialisis peritoneal, CAPD, analisis cairan, biakan

Abstract

Fungal peritonitis hanya terjadi pada 3-6% kasus dialysis-related peritonitis namun angka mortalitasnya sangat tinggi. Gambaran klinis tidak spesifik sehingga sulit dibedakan dengan peritonitis bacterial. Analisis dan biakan cairan dialisat berperan penting sebagai pedoman terapi antimikroba.Laki-laki berusia 22 tahun menjalani CAPD selama 10 tahun, datang ke RS dengan nyeri perut berat pada saat inflow dan outflow cairan. Pada pemeriksaan analisis cairan didapatkan makroskopis kuning keruh, hitung leukosit 2.580 sel/µL dengan PMN sebanyak 90%, dan kadar protein total 1.0mg/dL. Pada pemeriksaan biakan ditemukan Candida Tropicalis.Pemeriksaan analisis cairan dialisat peritoneal belum lazim dilakukan dan sampai saat ini belum terdapat nilai rujukan. Pada pasien ini dijumpai cairan keruh, jumlah leukosit lebih dari 100 sel/µL dengan dominasi PMN, serta biakan positif, sehingga memenuhi kriteria diagnosis fungal peritonitis menurut International Society of Peritoneal Dialysis tahun 2009. Pada pasien ini dijumpai kadar protein total 1,0g/dL. Dalam keadaan normal, caira dialisat tidak mengandung protein. Adanya peritonitis menyebabkan pembukaan pori besar pada membrane peritoneum sehingga terjadi kobocoran makromolekul.Analisis caira dialisat penting dilakukan pada kecurigaan infeksi. Diagnosis fungal peritonitis dapat ditegakkan melalui pemeriksaan analisis cairan serta dipastikan melalui pemeriksaan biakan.

Author Biography

Tika Adilistya, SMF Patologi Klinik RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan

Medical Staff

Department of Clinical Pathology

Dr. Kanujoso Djatiwibowo General Hospital 

Balikpapan - Indonesia

References

Rippe B. Peritoneal dialysis: principles, techniques, and adequacy. In: Floege J, Johnson RJ, Feehally J, editors. Comprehensive clinical nephrology. 4th ed. Philadelphia: Mosby; 2010:p.1081-91.

Matuszkiewicz-Rowinska J. Update on fungal peritonitis and its treatment. Perit Dial Int 2009;29 Suppl 2:161-5.

Cobas® TP2 total protein gen.2 [package insert]. Indianapolis: Roche Diagnostics GmbH; 2006.

Baxter Dianeal® peritoneal dialysis solutions [package insert]. Old Toongabbie (New South Wales): Baxter International Inc; 2011.

Downloads

Published

2017-01-26

Issue

Section

Review Article