Efektivitas Program Modifikasi Perilaku dengan Teknik Shaping untuk Meningkatkan Durasi Perilaku On-task pada Tugas Akademik

Dara Mutia Ulfah, Dini P. Daengsari

Abstract


Masalah perilaku on-task pada tugas akademik seringkali muncul pada anak usia sekolah, seperti kesulitan memusatkan atensi pada tugas, mudah terdistraksi, dan beralih fokusnya pada hal lain dalam situasi pembelajaran. Hal ini dapat mempengaruhi pencapaian akademis anak sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan durasi perilaku on-task pada tugas akademik dengan menggunakan teknik shaping. Penelitian ini menggunakan single case experimental A-B design yang dilakukan dalam 22 sesi. Partisipan adalah seorang anak laki-laki  typical (normal) berusia 10 tahun. Teknik pengumpulan data melalui duration data sheet yang bertujuan untuk mengukur durasi kemunculan target perilaku melalui observasi. Analisis data dilihat dengan membandingkan rata-rata durasi perilaku on-task sebelum dan sesudah intervensi dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata durasi perilaku on-task yang signifikan pada partisipan, dari 8% sebelum intervensi menjadi 100% setelah intervensi berakhir dan bertahan menjadi 100% saat follow-up. Hal ini membuktikan bahwa penerapan teknik shaping terbukti efektif dalam membantu anak meningkatkan durasi perilaku on-task  pada tugas akademik. Untuk penelitian selanjutnya, perlu dipertimbangkan beberapa hal, yaitu fase baseline dapat dilakukan dalam sesi yang lebih panjang agar dapat menentukan target perilaku yang lebih valid, jarak waktu antara fase baseline dan fase intervensi sebaiknya tidak terlalu berjauhan, serta menggunakan media visual chart untuk memudahkan anak dalam menampilkan perilaku on-task yang tepat.

Keywords


modifikasi perilaku, shaping, perilaku on-task

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24854/jps.v7i1.877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dara Mutia Ulfah, Dini P. Daengsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED IN:

Garuda Google Scholar CrossRef

OneSearch Indonesia BASE ROAD

DOAJ

 

YARSI

Fakultas Psikologi 
Universitas Yarsi 
Jln. Letjend Soeprapto, Cempaka Putih 
Jakarta Pusat 10510 
Telp/fax : 021-4223138 


View Jurnal Psikogenesis Stats

Free counters!

Creative Commons License
Jurnal Psikogenesis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.