Hubungan Penyuluhan Kesehatan dengan Tingkat Pengetahuan Mengenai Pengaruh Lingkungan Penyebab Diare pada Anak Sekolah Menengah Pertama Global Islamic School Jakarta dan Tinjauannya Menurut Pandangan Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penyuluhan kesehatan dan peningkatan pengetahuan siswa mengenai pengaruh lingkungan terhadap diare di SMP Global Islamic School Jakarta. Diare adalah penyakit yang sering menyerang anak-anak, dengan kebersihan lingkungan yang buruk sebagai faktor utama penyebabnya. Penyuluhan kesehatan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah diare. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 120 siswa, yang dipilih dengan metode one group pre-test dan post-test menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur pengetahuan siswa tentang faktor lingkungan yang menyebabkan diare, baik sebelum maupun setelah penyuluhan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa setelah penyuluhan. Uji statistik menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara penyuluhan kesehatan dan peningkatan pengetahuan siswa mengenai pengaruh lingkungan terhadap diare (p < 0,05). Penelitian ini merekomendasikan agar penyuluhan kesehatan dilakukan secara berkala di sekolah untuk meningkatkan kesadaran siswa mengenai pentingnya kebersihan lingkungan dalam pencegahan diare. Dalam pandangan Islam, kebersihan adalah bagian dari iman, sebagaimana diajarkan dalam Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad SAW, yang menekankan pentingnya menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Oleh karena itu, penyuluhan kesehatan tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa tetapi juga sejalan dengan prinsip-prinsip kesehatan dalam Islam untuk pencegahan diare.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rossa Try Julia Siswandi, Sri Wahyu Herlinawati, Miranti Pusparini, Siti Nur Riani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.