Hubungan Aktivitas Olahraga Terhadap Low Back Pain pada Guru di Kabupaten Bogor dan Tinjaunnya dalam Pandangan Islam
Abstract
Low Back Pain merupakan gangguan muskuloskeletal yang diakibatkan oleh aktivitas tubuh yang kurang baik. Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan Low Back Pain, salah satunya faktor indivudi yang berkaitan dengan kerja, usia, lama kerja, jenis kelamin, posisi kerja, dan lain-lain. Salah satu pekerjaan yang berisko terkena Low Back Pain yaitu Guru karena tuntutan fisik dari pekerjaan sehari-hari, yang meliputi berjam-jam berdiri, duduk, membungkuk, dan postur tubuh yang tidak nyaman. Guru yang mempunyai kebiasaan aktivitas olahraga kurang baik berpotensi mengalami keluhan Low Back Pain dan akan dipeparah oleh faktor lain. Islam menganjurkan umatnya untuk berolahraga agar sehat dan kuat seperti disalah satu hadist Rasulullah SAW bersabda: “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih Allah cintai dar ipada mukmin yang lemah. Dan pada masing-masingnya terdapat kebaikan. Bersemangatlah terhadap perkara-perkara yang bermanfaat bagimu, dan mohonlah pertolongan kepada Allah, dan janganlah engkau bersikap lemah.” (HR. Muslim).
Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi yang digunakan yaitu Guru yang mengajar di Kabupaten Bogor. Menilai aktivitas olahraga dan menilai kejadian Low Back Pain dengan memberikan kuesioner lalu dibedakan menjadi beberapa kategori. Data Analisa dilakukan dengan uji statistik Chi Square.
Hasil uji Analisa bivariat didapatkan P value 0,032 (P<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna pada aktivitas olahraga terhadap Low Back Pain Pada Guru di Kabupaten Bogor.
Kesimpulannya terdapat hubungan yang bermakna anatar hubungan aktivitas olahraga terhadap Low Back Pain Pada Guru di Kabupaten Bogor.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zakia, Yenni Zulhamidah, Irwandi M. Zen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.