The Pengaruh Kuliah Daring Terhadap Tingkat Obesitas pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Angkatan 2019 dan Tinjauannya Menurut Pandangan Islam

Authors

  • Zouvry Imam Tharsyah Universitas YARSI
  • Titiek Djannatun
  • Muhammad Arsyad

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i4.4279

Abstract

Latar belakang: Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang terjadi mengakibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran tentang pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring memberikan dampak kurangnya aktivitas fisik dan pola makan yang tidak baik. Selanjutnya dari dampak tersebut akan menyebabkan peningkatan kejadian overweight dan obesitas. Peneliti tertarik mengetahui apakah kuliah daring mempengaruhi tingkat obesitas pada mahasiswa di fakultas kedokteran Universitas Yarsi angkatan 2019.

Metode: Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan cross sectional menggunakan kuesioner. Waktu pelaksanaan dilakukan pada bulan Maret - Mei 2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa aktif fakultas kedokteran Universitas Yarsi angkatan 2019 yang berjumlah 242 orang.

Hasil: Pada penelitian ini menunjukan hasil tidak terdapat hubungan yang bermakna secara statistic. Didapatkan p > 0,05 pada variabel pola aktivitas fisik dan pola makan yang menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara pola makan dan aktivitas fisik selama pembelajaran daring dengan kejadian obesitas pada mahasiswa.

Kesimpulan: Pada variabel pola aktivitas fisik dan pola makan dengan kejadian obesitas pada mahasiswa aktif fakultas kedokteran Universitas Yarsi angkatan 2019, didapatkan responden masih memiliki pola aktivitas yang baik dan tidak mempengaruhi pola makan responden yang berarti tidak terdampak dari kuliah daring. Pada perspektif islam, Kejadian obesitas yang merupakan dampak dari perilaku kesehatan yang buruk seperti pola makan yang berlebih serta sifat malas dalam melakukan aktivitas merupakan perilaku yang harus dihindari oleh semua umat muslim.

Downloads

Published

01-03-2024

Issue

Section

Articles