Pengaruh Nomophobia Terhadap Pola Tidur Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Angkatan 2019 Dan Tinjauannya Menurut Pandangan Islam

Authors

  • Rayhan Perthama YARSI University
  • Elita Donanti Universitas YARSI
  • Amir Mahmud Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i4.4276

Abstract

Pendahuluan: Dalam era teknologi pesat ini, ketergantungan terhadap handphone tidaklah asing dan dengan kemajuan fitur-fitur pada handphone dapat menyebabkan kecanduan dan kecemasan yang dapat mengganggu keseharian kita. Kondisi ini dan pandemi COVID-19, mendorong banyak orang kepada suatu ketergantungan terhadap smartphone yang bisa disebut dengan nomophobia atau no mobile phone phobia. Ketergantungan dengan smartphone ini dapat menyebabkan kecemasan, ketakutan, dan ketidaknyamanan jika tidak berada pada smartphone mereka pada saat tertentu atau jika kehilangan koneksi dengan dunia digital. Salah satu dampak besar yang terjadi dari nomophobia adalah pola tidur yang buruk.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode survey analitik, data dikumpulkan dengan alat ukur berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2019. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat.

Hasil: Dari 154 responden yang merupakan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2019, hasil kuesionernya menunjukkan bahwa terdapat hasil tertinggi berdasarkan analisis bivariate adalah 69 responden ( 55,8% ) mengalami nomophobia menengah ke atas dengan pola tidur buruk.

Simpulan: Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara nomophobia dengan pola tidur Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2019. Dalam tinjauan Islam, umat muslim tidak boleh menjadikan harta benda segalanya dan selalu berusaha untuk mempunyai pola tidur yang baik serta senantiasa selalu berusaha tetap bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan

Downloads

Published

01-03-2024

Issue

Section

Articles