Hubungan Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Tipe Kepribadian Terhadap Perilaku Bullying pada Mahasiswa/I Universitas YARSI dan Tinjauannya Menurut Pandangan Islam

Authors

  • Ryan Dharmawan Universitas YARSI
  • Yenni Zulhamidah Universitas YARSI
  • Muhammad Arsyad Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i8.4234

Abstract

Bullying menjadi permasalahan utama yang sering terjadi di bidang Pendidikan yang kasusnya menembus 2473 kasus. Hal ini disebabkan salah satunya adalah pola asuh orang tua dan tipe kepribadian. Salah satu cara pengasuhan yang tepat yaitu sesuai dengan ajaran islam, dimana anak akan tumbuh dengan kepribadian yang sempurna, berakhlakul karimah dan terhindar dari perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan tipe kepribadian terhadap perilaku bullying pada mahasiswa/I universitas YARSI. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4012 orang yang berasal dari FK, FKG, FH, FTI, FPsi dan FEB Universitas YARSI. Sampel yang didapatkan yaitu berjumlah 350 orang menggunakan metode estimasi proporsi. Pengumpulan data menggunakan Adolescent Peer Relation Instrument, Parenting Style Dimensions Questionnaire dan International Personality Item Pool. Hasil uji spearman correlation didapatkan p-value sebesar 0,000, maka dari itu untuk terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying. Lalu hasil penelitian ini didapatkan pula p-value sebesar 0,879, maka dari itu tidak terdapat hubungan tipe kepribadian dengan perilaku bullying Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying dan tidak adanya hubungan tipe kepribadian dengan perilaku bullying. Menurut pandangan Islam Bullying merupakan dampak dari cara pengasuhan yang menyimpang dari agama, dengan kata lain cara pengasuhan yang tidak tepat dapat membuat anak memiliki kepribadian yang cenderung akan melakukan perilaku bullying.

Downloads

Published

31-08-2024

Issue

Section

Articles