Hubungan Pengetahuan Menstruasi Dengan Perilaku Personal Hygien Saat Menstruasi pada Siswi SMP Global Islamic School Condet

Authors

  • Meilani Pratiwi Yarsi
  • Siti Maulidya Universitas YARSI
  • Siti Nur Riani Universitas YARSI
  • Qomqriyah Qomariyah Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i4.4125

Abstract

Pendahuluan: Menstruasi merupakan kejadian alami dari siklus reproduksi perempuan. Kesehatan reproduksi perempuan sangat dipengaruhi oleh perilaku personal hygiene terutama saat menstruasi. Perilaku personal hygiene dipengaruhi oleh pengetahuan tentang menstruasi. Personal hygiene atau perawatan kebersihan diri pada saat menstruasi dikalangan remaja harus sangat diperhatikan, karena biasanya mereka baru mengalami menstruasi dan belum mengetahui pentingnya personal hygiene saat menstruasi.

Metodologi: Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif secara observasi analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswi SMP Global Islamic School Condet. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 160 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui Google Form. Uji statistik memakai uji Chi-Square danFisher’s Exact Test.

Hasil: Pada penelitian ini terdapat 111 responden memiliki pengetahuan tentang menstruasi dan perilaku personal hygiene yang baik. Hasil uji Analisa menggunakan metode Fisher’s Exact Testdidapatkan p-value 0,000, nlai tersebut <0,05 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan menstruasi dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada siswi SMP Global Islamic School Condet.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan menstruasi dengan perilaku personal hygienepada siswi SMP Global Islamic School Condet.

KATA KUNCI    Pengetahuan Menstruasi, Menstruasi, Personal Hygiene, Siswi SMP.

Downloads

Published

01-03-2024

Issue

Section

Articles