Hubungan Penyuluhan dengan Tingkat Pengetahuan Mengenai Pubertas Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama 21 Jakarta dan Tinjauannya Menurut Pandangan Islam

Authors

  • Raveena Chandra Satya Rentiana Assy Universitas YARSI
  • Sri Wahyu Herlinawati Universitas YARSI
  • Miranti Pusparini Universitas YARSI
  • Muhammad Arsyad Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i4.4054

Abstract

KATA KUNCI  ​

Pubertas, Penyuluhan, Tingkat Pengetahuan, Remaja, Masa Remaja.

ABSTRAK​

Penelitian terkait pengaruh penyuluhan dengan tingkat pengetahuan mengenai pubertas dilaksanakan di SMPN 21 Jakarta yang merupakan tempat bagi siswa yang sedang dalam tahap periode masa remaja. Dengan menggunakan metode kuantitatif pendekatan Quasi Experimental dan rancangan penelitian yang digunakan adalah One group Pre test Post Test. Penelitian dilakukan dengan kuesioner pre test dan post test yang diisi oleh 70 siswa sebagai sampel dengan intervensi penyuluhan. Hasil rata-rata nilai post test lebih besar dari nilai pre test dengan selisih sebesar 11.64 menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa setelah penyuluhan dibandingkan sebelum penyuluhan.  Uji T paired sample menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada tingkat pengetahuan mengenai pubertas sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan (Sig. 0,000).Dalam Islam, dengan adanya penyuluhan yang dilakukan dengan baik dan tepat membantu dalam meningkatkan pengetahuan mengenai pubertas.

KEYWORDS  ​

Puberty, Counseling, knowledge level, teenager, adolescence.

ABSTRACT​

The research related to the influence of counseling on the level of knowledge about puberty was conducted at SMPN 21 Jakarta, which is a place for students in the adolescent stage. Using a quantitative method with a Quasi Experimental approach and the research design employed was the One-group Pretest-Posttest. The study was carried out with pretest and posttest questionnaires filled out by 70 students as samples with counseling intervention. The average post-test score was higher than the pre-test score, with a difference of 11.64, indicating an increase in students' knowledge after the counseling compared to before the counseling. Paired sample T-test showed a significant influence on the level of knowledge about puberty before and after the counseling was conducted (Sig. 0.000). In Islam, effective and appropriate counseling helps enhance knowledge about puberty.

Downloads

Published

01-03-2024

Issue

Section

Articles