Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Angkatan 2021

Authors

  • Faiq Syafriansyah - YARSI
  • Amelia Kresna Universitas YARSI
  • Firman Arifandi Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i6.4021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan hybrid learning pasca pandemi Covid-19 pada mahasiswa FakultasKedokteran Universitas YARSI angkatan 2021. Penelitian inimenggunakan desain cross sectional dengan jumlah respondensebanyak 71 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesionerdan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa79% mahasiswa merespon positif terhadap penerapan hybrid learning. Rata-rata indeks prestasi mahasiswa meningkat dari 3,16 pada semester 3 saat daring menjadi 3,37 pada semester 4 saat hybrid learning. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test juga menunjukkan adanyaperbedaan signifikan nilai indeks prestasi antara daring dan hybrid learning dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Kesimpulan, hybrid learning terbukti lebih efektif dibandingkan daring dalam meningkatkan prestasiakademik mahasiswa. Hybrid learning direkomendasikan untukditerapkan pasca pandemi Covid-19 karena memberikan fleksibilitasbelajar dan berpotensi meningkatkan motivasi serta prestasimahasiswa.

Downloads

Published

29-07-2024