Hubungan Jenis Kelamin, Usia, Durasi Duduk dan Posisi duduk Pada Pembelajaran Luring Dengan Keluhan Low Back Pain (LBP) Pada Guru SMP Di Kabupaten Bogor
https://doi.org/10.33476/jmj.v2i4.3978
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang: Low Back Pain (LBP) ditandai dengan rasa nyeri di punggung bawah, pada daerah tulang belakang, otot, saraf, atau struktur lain di daerah tersebut. Sekitar 40,5% penyakit yang diderita berhubungan dengan pekerjaan. Selama pembelajaran luring, seorang guru melakukan pekerjaannya mengajar di depan kelas dengan posisi duduk duduk, berdiri ataupun berjalan selama 4-6 jam sehari, sehingga beresiko menderita LBP. Tujuan: Mengetahui hubungan jenis kelamin, usia, posisi duduk dan durasi duduk guru SMP di Kabupaten Bogor pada pembelajaran luring dengan keluhan Low Back Pain. Metode: Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bogor, dengan sampel sebanyak 92 orang. Analisis data dengan analisis bivariat (Chi-Square). Hasil: Keluhan LBP pada guru SMP di Kabupaten Bogor pada pembelajaran luring berhubungan erat dengan faktor usia (p=0,042) dimana guru dengan usia >40 tahun lebih banyak mempunyai keluhan ini. LBP juga berhubungan erat dengan posisi duduk yang kurang tepat (p=0,009) dan durasi duduk yang lama (>6 jam) (p=0,001). Kesimpulan: Keluhan LBP pada guru SMP di Kabupaten Bogor pada pembelajaran luring dipengaruhi oleh faktor usia, posisi duduk dan durasi duduk. Low Back Pain (LBP) adalah kondisi yang membutuhkan waktu lama untuk berkembang dan bermanifestasi. Durasi mengacu pada waktu yang dibutuhkan seorang pekerja untuk terpapar faktor risiko. Pekerjaan yang membutuhkan otot atau gerakan yang sama untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama meningkatkan potensi kelelahan lokal dan umum. semakin lama durasi kerja, semakin lama pemulihan otot dan waktu istirahat.
KATA KUNCI Low Back Pain, guru, pembelajaran luring
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 alya nadila, Aan Royhan, Irwandi Zen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.