Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning terhadap Pemahaman Materi Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2021 dan Menurut Pandangan Islam

Penulis

  • Maheswari Madina Regar
  • Miranti Pusparini Universitas YARSI
  • Siti Nur Riani Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i3.3949

Abstrak

Pendahuluan: Hybrid learning merupakan pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka secara teratur dan efektif dengan pembelajaran berbasis teknologi komputer dan internet. Sistem pembelajaran ini diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam menjangkau kegiatan belajar mengajar di situasi pandemi covid-19, dengan mengetahui keterbatasan sistem pembelajaran dan kendala- kendala yang dihadapi. Penelitian ini akan mengkaji mengenai pengaruh model pembelajaran hybrid learning dengan pemahaman materi mahasiswa/i sebagai alternatif strategi pembelajaran di era pandemi bagi mahasiswa/i fakultas kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2021 dan pandangannya menurut Islam.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan observasi analitik yang menggunakan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2021 yang memenuhi kriteria inklusi. Cara penetapan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 180 mahasiswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden dan dikumpulkan melalui Google Form dan menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui pengambilan data IPK. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil:  Pada penelitian ini terdapat 174 (96,7%) mahasiswa yang mengalami penurunan pada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Hasil analisa dengan uji Wilcocon didapatkan Asymp. Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran hybrid learning terhadap pemahaman materi mahasiswa/I fakultas kedokteran Universitas YARSI angkatan 2021 dan terdapat perbedaan tingkat pemahaman materi antara mahasiswa laki-laki dan perempuan Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2021.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh metode pembelajaran hybrid learning terhadap pemahaman materi.

Diterbitkan

2024-01-23

Terbitan

Bagian

Articles