Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Kejenuhan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Angkatan 2021 Dan Pandangannya Menurut Islam

Authors

  • Geby Zalbila Putri
  • Miranti Pusparini Universitas YARSI
  • Siti Nur Riani Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i8.3943

Keywords:

Hybrid Learning, Kejenuhan, Mahasiswa Kedokteran.

Abstract

Pendahuluan: Hybrid learning merupakan sebuah pola pembelajaran kombinasi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Metode hybrid learning membuat mahasiswa memiliki tanggung jawab yang lebih besar dengan jadwal yang padat dan aktivitas yang monoton sehingga hal ini dapat memunculkan kejenuhan pada diri mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Kejenuhan Mahasiswa Fakultas Kedokteran YARSI Angkatan 2021 dan pandangannya menurut Islam.

Metodologi: Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif secara observasi analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI angkatan 2021. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 180 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui Google Form. Uji statistik memakai uji Chi-Square, Mann-Whitney dan Kolmogorov-Smirnov.

Hasil: Pada penelitian ini terdapat 98 (54,4 %) mahasiswa yang mengalami kejenuhan tingkat sedang. Hasil analisa uji Kolmogorov-Smirnov didapatkan p-value sebesar 0,011 yang berarti nilai tersebut < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran hybrid learning dengan kejenuhan dan tidak terdapat pengaruh antara jenis kelamin dan usia dengan kejenuhan.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh metode pembelajaran hybrid learning dengan kejenuhan.

Author Biography

Geby Zalbila Putri

Universitas YARSI, Mahasiswa

References

Ambarwati, N.A. (2020) ‘Kejenuhan Belajar dan Cara Mengatasinya’, Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, 6(1), pp. 9–16.

Arlinkasari, F. and Akmal, S.Z. (2017) ‘Hubungan antara School Engagement, Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa’, Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), p. 81. doi:10.28932/humanitas.v1i2.418.

Aulia, A. and Rita, N. (2021) ‘Hubungan Jenis Kelamin, Masa Kerja, Komitmen Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Kejadian Burnout pada Perawat di Rumah Sakit P.P. Tahun 2019’, Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat, 2(2), pp. 1–10.

Christiana, E. (2020) ‘Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19’.

Dwijonagoro, S. and Suparno, S. (2019) ‘Pranatacara learning: Modeling, mind mapping, e-learning, or hybrid learning?’, Cakrawala Pendidikan, 38(1), pp. 156–173. doi:10.21831/cp.v38i1.23034.

Fyana, L. and Rozali, Y.A. (2018) ‘Perbedaan burnout ditinjau dari jenis kelamin pada karyawan Bank ABC’, JCA Psikologi, 962(9), pp. 1–8. Available at: https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-20682-11_1658.pdf.

Indiawati, O.C. et al. (2022) ‘Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Burnout Syndrome Perawat Di Rs Darmo Surabaya’, Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 11(1), pp. 25–42. Available at: htpp://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id.

Iskandar, A.H. (2017) ‘Penggunaan Konseling Kreatif dalam Bingkai Kognitif Perilaku untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa’, International Counseling and Education Seminar, p. 206.

Makhin, M. (2021) ‘Hybrid Learning: Model Pembelajaran pada Masa Pandemi di SD Negeri Bungurasih Waru Sidoarjo’, Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), pp. 95–103. doi:10.55352/mudir.v3i2.312.

Pawicara, R. and Conilie, M. (2020) ‘Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19’, ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), pp. 29–38. doi:10.35719/alveoli.v1i1.7.

Rahayu, F.S. et al. (2022) ‘Kejenuhan Belajar Daring Pada Mahasiswa Prodi Pgsd Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), pp. 326–332.

Rosanna, S.F., Hartanti, R.I. and Indrayani, R. (2021) ‘Hubungan Antara Faktor Individu Dan Kejenuhan Dengan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar Sederajat’, Ikesma, 17(2), p. 111. doi:10.19184/ikesma.v17i2.24783.

Sani, M., Hasbillah, R. and Rahmasari, D. (2022) ‘Burnout akademik pada mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir’, Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), pp. 122–132.

Downloads

Published

31-08-2024

Issue

Section

Articles