Pengaruh Terapi Musik terhadap Kemampuan Kognitif pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi 2021 dan Tinjauannya Menurut Pandangan Islam

Authors

  • Andi Dimas Wahyu Putra Hartadi Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi
  • Edi Prasetyo
  • Andri Gunawan

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i1.3894

Keywords:

Terapi Musik, Kemampuan Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efek terapi musik pada kemampuan kognitif mahasiswa kedokteran di Universitas Yarsi pada tahun 2021 dan ulasannya dari perspektif Islam. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan data primer. Sampel penelitian adalah mahasiswa kedokteran di Universitas Yarsi, dengan ukuran sampel minimal 32 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan uji MMSE pada sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengaruh terapi musik terhadap kemampuan kognitif pada kelompok eksperimen dengan skor pre-test 26,38 (±1,821) dan skor post-test 29,13 (±1,258) dan P-value <0,018. Sedangkan pada kelompok kontrol, skor pre-test sebesar 28,44 (±1,365) dan skor post-test sebesar 28,63 (±1,628) dengan nilai P <0,541. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengaruh terapi musik terhadap kemampuan kognitif pada mahasiswa kedokteran di Universitas Yarsi tahun 2021. Studi tersebut menyimpulkan bahwa terapi musik dapat digunakan sebagai pendekatan terapi untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada mahasiswa kedokteran. Dari perspektif Islam, terapi musik diperbolehkan selama tidak melanggar prinsip dan nilai-nilai Islam.

References

DAFTAR PUSTAKA

Galiñska, E. (2015). Znaczenie muzykoterapii w rehabilitacji neurologicznej. Psychiatria Polska, 49(4), 835–846. https://doi.org/10.12740/PP/25557

Geraldina, A. M. (2017). Terapi Musik: Bebas Budaya atau Terikat Budaya? Buletin Psikologi, 25(1). https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.27193

Wilianto, V. M., & Adiyanti, M. G. (2012). Terapi Musik Kognitif Perilaku Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Penderita Tekanan Darah Tinggi Cognitive Behavioral Music Therapy To Reduce Patient’s Anxiety With High Blood Pressure. In Jurnal Intervensi Psikologi (Vol. 4, Issue 1).

Santi Wahyuni and Yanti Cahyati (2021). Beban Kognitif Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Kesehatan ‘SUARA FORIKES’ (Journal of Health Research ‘Forikes Voice’), [online] 12(0), pp.21–26. Available at: https://forikes-ejournal.com/index.php/SF/article/view/sf12nk204/12nk204 [Accessed 6 Dec. 2022].

Solso, Robert. Dkk. (2008). Psikologi Kognitif Edisi Delapan. Jakarta: Erlangga.

Mulyono Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar. (Jakarta: Rineka Cipta, 2012), hal. 131

Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana, 2011), hal. 48,59-60.

Kartini Kartini and Nurus Sa’adah (2021). Dampak Musik Religi Terhadap Konsentrasi Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Pascasarjana BKI 2021-2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), [online] 4(5), pp.6033–6038. doi:10.31004/jpdk.v4i5.7610.

Luthfiana, A. and Harliansyah, H. (2019). Pemeriksaan Indeks Memori, MMSE (Mini Mental State Examination) dan MoCA-Ina (Montreal Cognitive Assestment Versi Indonesia) Pada Karyawan Universitas Yarsi. Jurnal Kedokteran YARSI, [online] 27(2), pp.062–068. doi:10.33476/jky.v27i2.1116.

Amanda Diva Anggraita, Claudia, C., Rafael Angkasa Pilartomo, Suwandi, S., Sheren Budiarso and Christ Billy Aryanto (2021). Effect of Low-Fidelity Music (lo-fi) on Reading Comprehension in Indonesian College Students at Jabodetabek. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, [online] 12(01), pp.10–20. doi:10.35814/mindset.v12i01.1694.

Nevriana, A., Pandu Riono, Tri and Adji Kusumadjati (2013). Lifetime Musical Activities and Cognitive Function of the Elderly. Kesmas: National Public Health Journal, [online] 7(7), pp.304–308. doi:https://media.neliti.com/media/publications/39709-EN-lifetime-musical-activities-and-cognitive-function-of-the-elderly.pdf.

Huang, Y., Li, Y., & Zhang, H. (2021). The effect of cognitive training on cognitive function in older adults: A systematic review and meta-analysis. Aging Clinical and Experimental Research, 33(1), 1-11.

Muttaqien, M. I. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Musik Klasik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri 50 Kota Bengkulu.

Wang, Z., Li, Z., Xie, J., Wang, T., Yu, C., & An, N. (2018). Music therapy improves cognitive function and behavior in patients with moderate Alzheimer's disease. International Journal of Clinical and Experimental Medicine, 11(5), 4808-4814. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6447697/

Veronika Diaz Abrahan, Favio Shifres and Justel, N. (2019). Cognitive Benefits From a Musical Activity in Older Adults. Frontiers in Psychology, [online] 10. doi:https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00652.

Gupta, A., Bhushan, B. and Laxmidhar Behera (2018). Short-term enhancement of cognitive functions and music: A three-channel model. Scientific Reports, [online] 8(1). doi:https://doi.org/10.1038/s41598-018-33618-1.

Ni Putu Sumartini, (2020). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Retardasi Mental di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Mataram.

Sucianna, (2018). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Terhadap Penurunan Stres Akademik pada Siswa SMA N 1 Mertoyudan.

Raden Intan. (2022).. Pengaruh Media Musik dan Lagu Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B di TK Pratama II. Bandar Lampung.

Samban, N. A. P. (2021.). Analisis Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik untuk Mengurangi Kecemasan pada Ibu Hamil Saat Menjelang Persalinan.Al-Hafizh, A. (2000). The Legality of Music in Islam. Journal of Islamic Studies, 11(1), 1-20.

Downloads

Published

11-10-2023

Issue

Section

Articles