Sikap, Pengetahuan, dan Praktik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Tentang Farmakogenomik

Authors

  • Farhan Jakaria
  • Rika Yuliwulandari Universitas YARSI

https://doi.org/10.33476/jmj.v2i1.3779

Abstract

Pendahuluan: Farmakogenomik berguna mengamati pengaruh seluruh genom terhadap respons obat pada terapi yang bertujuan untuk meningkatkan kemanjuran obat dan meminimalkan toksisitas obat. Tujuan kami adalah untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan praktik mahasiswa Fakultas Kedokteran universitas YARSI mengernai farmakogenomik. Metodologi: Kami menggunakan studi cross sectional yang dilakukan pada 262 mahasiswa aktif Fakultas Kedokteran universitas YARSI tahun ajaran pertama hingga ketiga. Kuesioner terstruktur yang telah divalidasi dan diuji coba diberikan kepada responden untuk menilai pengetahuan, sikap, dan praktik mereka mengenai farmakogenomik. Analisis univariat dan bivariat digunakan untuk menggambarkan hasil penelitian. Hasil: Sebanyak 262 mahasiswa (74,4% perempuan dan 25,6% laki-laki) menanggapi survei ini. Banyak pengetahuan dan sikap mahasiswa untuk farmakogenomik sudah tergolong baik dengan nilai 98,09% dan  81,7%. Sedangkan pada praktik terhadap farmakogenomik masih tergolong buruk, yaitu dengan nilai 84%. Simpulan: Jadi pada penelitian ini, mahasiswa sudah memiliki tingkat pengetahuan dan sikap yang baik terhadap farmakogenomik. Akan tetapi, praktik mahasiswa terhadap farmakogenomik masih harus diperbaiki agar di masa depan implementasi farmakogenomik dapat lebih berkembang.

References

DAFTAR PUSTAKA

Cacabelos, R., Naidoo, V., Corzo, L., Cacabelos, N., Carril, J.C., 2021. Genophenotypic Factors and Pharmacogenomics in Adverse Drug Reactions. Int J Mol Sci 22, 22.https://doi.org/10.3390/IJMS222413302

Karas Kuželi?ki, N., Prodan Žitnik, I., Gurwitz, D., Llerena, A., Cascorbi, I., Siest, S., Simmaco, M., Ansari, M., Pazzagli, M., di Resta, C., Brandslund, I., Schwab, M., Vermeersch, P., Lunshof, J.E., Dedoussis, G., Flordellis, C.S., Fuhr, U., Stingl, J.C., van Schaik, R.H.N., Manolopoulos, V.G., Marc, J., 2019. Pharmacogenomics education in medical and pharmacy schools: Conclusions of a global survey. Pharmacogenomics 20, 643–657. https://doi.org/10.2217/pgs-2019-0009

Rahma, A.T., Elsheik, M., Elbarazi, I., Ali, B.R., Patrinos, G.P., Kazim, M.A., Alfalasi, S.S., Ahmed, L.A., Maskari, F. al, 2020. Knowledge and attitudes of medical and health science students in the united arab emirates toward genomic medicine and pharmacogenomics: A cross-sectional study. J Pers Med 10, 1–13. https://doi.org/10.3390/jpm10040191

Shah, S., Hanif, M., Khan, H.U., Khan, F.U., Abbas, G., Khurram, H., Khames, A., Abdelgawad, M.A., Said, A.S.A., Abourehab, M.A.S., Maheen, S., Chand, U.R., Haris, M., 2022. Knowledge, Attitudes and Practices of Pharmacogenomics Among Senior Pharmacy Students: A Cross Sectional Study from Punjab, Pakistan. Pharmgenomics Pers Med 15, 429–439. https://doi.org/10.2147/PGPM.S359920

Laskey S.L., Williams, J., Pierre-Louis, J., O’Riordan, M.A., Matthews, A., Robin, N.H., 2003. Attitudes of African American premedical students toward genetic testing and screening. Genetics in Medicine 5, 49–54. https://doi.org/10.1097/00125817-200301000-00008

Published

11-10-2023

Issue

Section

Articles